XL Axiata: 60 Persen Capex Buat Bangun Jaringan di Luar Jawa

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 23 April 2021 | 15:55 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memfokuskan 60 persen dari belanja pergelaran jaringan pada tahun ini, untuk membangun dan menguatkan jaringan di luar Pulau Jawa.

Porsi belanja modal yang dialokasikan untuk membangun jaringan di luar Pulau Jawa pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang sekitar 50 persen.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan dari tahun ke tahun komitmen XL untuk menggelar jaringan di luar Pulau Jawa makin besar.

XL terus meningkatkan porsi pembangunan jaringan di luar Jawa sebagai komitmen mereka dalam menghadirkan jaringan yang merata bagi masyarakat Indonesia.

“Tahun lalu masih 50:50, tahun ini 60 persen [Capex untuk bangun jaringan] untuk luar Jawa,” kata Darmayusa dalam konferensi virtual, Jumat (23/4/2021).

Darmayusa mengatakan pembangunan di luar Jawa tidak hanya difokuskan untuk memperluas jaringan, XL, juga meningkatkan kapasitas dengan memperbanyak pergelaran serat optik di luar Jawa.

Sementara itu, Chief Financial Officer XL Axiata Budi Pramantika mengatakan investasi XL di luar Jawa telah memberikan return yang sangat signifikan pada tahun lalu.

“Pada 2020 kontribusi luar Jawa terhadap pendapatan kami sebesar 25 persen, untuk 2021 perseroan akan terus melakukan investasi di luar Pulau Jawa dengan harapan kontribusinya terus naik,” kata Budi.

Sekadar infomasi sepanjang 2020, XL mencatat pendapatan senilai Rp26 triliun, dengan 25 persen berasal dari luar Jawa, artinya pendapatan XL di luar Jawa sekitar Rp6,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper