Saksikan Puncak Hujan Meteor Lyrid 22 April 2021

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 April 2021 | 13:19 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan meteor Lyrid tiba di musim semi setiap tahun, muncul dari sekitar pertengahan April dan memuncak di akhir bulan.

Lyrid bukan hujan meteor yang paling melimpah tahun ini, tetapi masih menjanjikan untuk mempesona dengan tontonan tak terlupakan yang penuh dengan bintang jatuh. Bagian-bagian dari Lyrid akan meledak ke atmosfer dengan kecepatan sangat tinggi, meninggalkan seberkas cahaya pendek di langit.

Hujan meteor Lyrid berasal dari puing-puing Comet Thatcher (C / 1861 G1). Potongan-potongan ini menghantam atmosfer dengan kecepatan sekitar 50 km / detik sebelum hancur menjadi bintang jatuh.

Menurut para astronom di Royal Observatory Greenwich di London, meteor memanas hingga 1.600C sebelum menghilang.

"Kebanyakan meteor sangat kecil sehingga mereka terbakar dengan baik sebelum menyentuh tanah." demikian dilansir dari Express.

Lyrids adalah hujan meteor tertua yang diketahui dengan catatan yang menunjukkan sudah ada sejak 687 SM.

Hujan meteor ini biasanya berlangsung antara satu dan dua minggu. Selama waktu ini, Anda akan melihat bintang jatuh di sana-sini.

Tontonan sebenarnya terjadi pada malam yang disebut puncak ketika pancuran paling intens. Lyrid diperkirakan akan mencapai puncaknya tahun ini pada malam 22 April. Selama puncak ini, para astronom memperkirakan sekitar 18 meteor per jam akan melesat melintasi langit.

"Lyrid dikenal karena meteornya yang terang, meskipun tidak secepat atau sebanyak Perseid yang terkenal pada bulan Agustus, Lyrid dapat mengejutkan pengamat dengan sebanyak 100 meteor terlihat per jam," Badan antariksa AS NASA mengatakan.

Penampakan hujan meteor terbanyak Lyrid terjadi pada 1803 (Virginia), 1922 (Yunani), 1945 (Jepang) dan 1982 (AS).

"Secara umum, 10 hingga 20 meteor Lyrid dapat dilihat per jam selama puncak."

Meteor akan meninggalkan kereta debu bercahaya yang dapat diamati selama beberapa detik.

Menurut astrolog EarthSky Bruce McClure dan Deborah Byrd, Anda mungkin beruntung bisa melihat Lyrids di pagi hari saat puncak hujan.

"Pada tahun 2021, kami memperkirakan hujan akan mulai beruap mulai larut malam hari Senin, 19 April, mungkin mencapai puncaknya pada dini hari pada Kamis, 22 April," papar mereka.

Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor biasanya antara tengah malam dan fajar. Langit yang gelap dan cerah adalah kunci perburuan meteor dan Lyrid tidak terkecuali.

Temukan tempat yang tenang dan terpencil, seperti lapangan, yang memiliki pemandangan cakrawala tanpa halangan dan polusi cahaya sesedikit mungkin. Berpakaianlah dengan tepat untuk cuaca, ambil makanan ringan dan hidrasi, dan matikan telepon Anda.

Mata Anda akan membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyesuaikan dengan kegelapan.

Setelah Anda siap, cukup berbaring dan cobalah untuk menikmati langit malam sebanyak mungkin - Lyrid akan muncul dari segala arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper