Kenalan dengan 'Keemi, Robot Disinfeksi Canggih Berbasis 5G Asal Korsel

Rezha Hadyan
Senin, 19 April 2021 | 13:43 WIB
Robot disinfektan Keemi/istimewa
Robot disinfektan Keemi/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - SK Telecom, operator seluler terbesar Korea Selatan pada Senin (19/4/2021) menyatakan bahwa mereka telah mengkomersialkan 'Keemi', robot desinfeksi berbasis 5G pertama di dunia.

Melansir Yonhap, upaya tersebut dilakukan untuk untuk mengotomatisasi upaya anti-infeksi terhadap Covid-19 di fasilitas perawatan kesehatan.

Operator telekomunikasi itu bermitra dengan Rumah Sakit Yongin Severance untuk menyebarkan robot yang menggunakan sistem lokasi waktu nyata (real-time) menggunakan jaringan 5G. Robot tersebut ditugaskan untuk berkeliling di sekitar rumah sakit sendiri dan memantau suhu orang-orang yang ada disekitarnya dan memastikan apakah mereka mengenakan masker.

Robot tersebut juga dilengkapi dengan sistem desinfeksi ultraviolet untuk menghilangkan bakteri dan kuman di sekitar rumah sakit.

Pejabat Rumah Sakit Severance Yongin di Yongin, Provinsi Gyeonggi, memeriksa lokasi 'Keemi' secara real-time dari ruang menara kontrol rumah sakit. Atas kebaikan SK Telecom

SK Telecom mengatakan robot juga dapat mendeteksi lokasi pasien hilang melalui sistem lokasi real-time dan analisis kepadatan pasien di dalam rumah sakit.

Tahun lalu, SK Telecom mengembangkan robot desinfeksi otonom dengan Omron Electronics Korea, yang ditempatkan di kantor pusat operator seluler di pusat kota Seoul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper