Ruangguru Raih Rp801 Miliar, Perkuat Skill Academy hingga Robo AI

Anggara Pernando
Senin, 19 April 2021 | 13:27 WIB
CEO Ruangguru Belva Devara/instagram
CEO Ruangguru Belva Devara/instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan Ruangguru mengumumkan memperoleh investasi baru senilai US$55 juta atau setara Rp801 miliar (kurs Rp14.566). 

Pendanaan bagi startup edutech terbesar di Asia Tenggara itu dipimpin oleh Tiger Global Management menyusul pendanaan sebelumnya sebesar USD 150 juta yang dipimpin oleh General Atlantic dan GGV Capital pada Desember 2019. 

Dengan dana tambahan ini, perusahaan yang didirikan mantan staf khusus milenial Presiden Joko Widodo, Belva Devara itu akan menggunakan untuk mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam dan Thailand. Terutama pada segmen K-12 dan pembelajaran seumur hidup.

GGV Capital yang sebelumnya memimpin seri C, juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan bersama dengan Tiger Global. 

Investor awal Ruangguru sendiri adalah East Ventures, Venturra Capital, dan UOB Venture Management. 

Sementara itu, pada 2020, seiring peningkatan aktivitas belajar dari rumah, Ruangguru telah melayani lebih dari 22 juta pengguna di seluruh negara. 

Kondisi yang membuat startup ini berhasil membukukan laba untuk pertamakalinya. 

Pada tahun lalu, perusahaan ini telah memperluas pasar ke Thailand dengan meluncurkan StartDee. Perusahaan ini juga mengenalkan Roboguru, pemecah pekerjaan rumah bertenaga AI untuk memfasilitasi siswa dalam memahami latihan yang sulit.

Lainnya, perseroan juga mengembangkan Skill Academy dengan melayani lebih dari 3 juta pengguna meski baru berumur 1 tahun. 

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan mereka karena mereka terus berinovasi solusi untuk pasar ini dan memajukan pendidikan berkualitas tinggi untuk pelajar dari segala usia, ”kata Evan Feinberg, Mitra, Manajemen Global Tiger seperti dirilis blog Ruangguru, hari ini, Senin (19/4/2021). 

Sementara itu, Belva Devara, Co-founder dan Chief Executive Officer Ruangguru menyebutkan pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan Tiger Global dan mendapat dukungan berkelanjutan dari GGV Capital. 

"Keduanya perusahaan global terkenal dengan investasi di beberapa perusahaan teknologi pendidikan terbaik secara global. Kami berbagi visi yang sama tentang dunia dengan akses ke pendidikan berkualitas untuk semua. Ruangguru terus mengalami lintasan pertumbuhan yang kuat di tahun lalu dan investasi ini akan membantu kami mengembangkan bisnis lebih jauh dan memberikan dampak yang berarti dalam pendidikan, melalui teknologi,” katanya.  

Tiger Global Management, LLC adalah firma investasi yang berfokus pada perusahaan swasta dan publik di industri internet, perangkat lunak, konsumen dan pembayaran global. Perusahaan ekuitas swasta ini diluncurkan pada 2003 dan telah berinvestasi di ratusan perusahaan di lebih dari 30 negara, dalam semua tahap pendanaan. 

Sementara itu GGV Capital adalah perusahaan ventura global yang mengelola US$9,2 miliar dengan investasi di Amerika Serikat, Kanada, Cina, Asia Tenggara, India, Amerika Latin, dan Israel. Selama dua dekade terakhir, perusahaan telah mendukung lebih dari 400 startup di seluruh dunia, termasuk Affirm, Airbnb, Alibaba, Big Commerce, Boss Zhipin, Grab, HashiCorp, Hello, JD MRO, Keep, Kujiale, Manbang, NIU, Opendoor Technologies , Peloton, Poshmark, Qunar / Ctrip, Slack, Square, StockX, Udaan, Wish, Xpeng, Zendesk, hingga Zuoyebang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Anggara Pernando
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper