Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Game Jadi Aplikasi Smartphone dengan Pertumbuhan Tertinggi

Amerika Latin mendominasi kategori gim, di mana peningkatan aksesibilitas dan pertumbuhan populasi perkotaan mendorong perkembangan seluler yang cepat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 April 2021  |  11:38 WIB
Warga bermain game online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Kamis (3/1/2019).  - ANTARA/Rahmad
Warga bermain game online di Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA — Platform pemasaran aplikasi global, Adjust melaporkan game atau gim menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia.

Amerika Latin mendominasi kategori gim, di mana peningkatan aksesibilitas dan pertumbuhan populasi perkotaan mendorong perkembangan seluler yang cepat.
 
“Tiga dari lima negara teratas untuk kategori gim berasal dari Amerika Latin dan Argentina memimpin. Vietnam, Brasil, Tiongkok dan Meksiko juga menempati lima peringkat teratas,” kata Andrey Kazakov, Chief Operations Officer Adjust lewat rilisnya, Senin (12/4/2021).

Sementara itu, dalam laporan yang sama India memiliki tingkat pertumbuhan tercepat, dengan penetrasi seluler yang senantiasa meningkat. Pendidikan menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat, dan kategori Hiburan perlu dipantau karena persaingan akan semakin ketat dengan adanya aplikasi streaming dan media Over The Top (OTT).
 
“Aplikasi hiburan juga bertumbuh dengan pesat, dan subscription perlu dipantau. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Adjust, sekitar 80 persen dari 225 aplikasi paling populer di Google Play Store dan 50 persen dari 225 aplikasi paling populer di App Store berbasis langganan,” ujarnya.
 
Bryan Wang, Direktur Marketing Sains, Tiongkok Raya & Gaming di Facebook mengatakan aplikasi seluler adalah bisnis global. Mudah untuk dimulai karena hambatan masuk yang rendah, tetapi juga mudah untuk gagal jika Anda tidak memahami pasar dan pengguna dengan baik.
 
“Data dan wawasan dalam Laporan Pertumbuhan Aplikasi Seluler dapat membantu pengiklan aplikasi dalam mengidentifikasi strategi untuk memasuki pasar baru dan menyusun taktik sukses secara efektif," katanya. 

Adapun laporan berjudul Pertumbuhan Aplikasi Seluler tersebut adalah hasil kerja sama Adjust dengan Facebook.

Kazakov menambahkan bahwa dengan tren yang ada saat ini, pemasar selulue membutuhkan peta jalan untuk mengidentifikasi pengguna, lokasi, dan juga momentum yang tepat. 

Dia menjelaskan aplikasi gim unggul di tingkat global. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model bisnis inovatif seperti gim hiperkasual, yaitu gim yang dapat langsung dimainkan serta dirancang dengan mekanika yang sederhana dan dapat memuaskan pemainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone teknologi game
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top