Xiaomi Mi 11 Lite 5G Jadi Smartphone Pertama Usung Snapdragon 780G

Syaiful Millah
Senin, 29 Maret 2021 | 17:45 WIB
Xiaomi Mi 11 Lite 5G. Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur.  /Xiaomi
Xiaomi Mi 11 Lite 5G. Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur. /Xiaomi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Xiaomi merilis teaser resmi untuk perangkat smartphone anyarnya, Mi 11 Lite 5G yang bakal menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 780G. 

Dengan demikian, ponsel pintar dari perusahaan asal China itu akan menjadi perangkat yang pertama menggunakan system on chip terbaru dari Qualcomm, yang belum lama diumumkan ke publik. 

Dilansir dari Gizchina, Senin (29/3/2021), Snapdragon 780G adalah prosesor kedua dari perusahaan pembuat cip yang menggunakan teknologi berfabrikasi 5 nanometer, setelah Snapdragon 888. 

Prosesor itu menggunakan skema 1 + 3 di mana CPU dibagi menjadi tiga klaster dengan tiga inti berkinerja normal dan satu inti berkinerja tinggi, tetapi beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah dibanding prosesor paling gaharnya. 

Sebelumnya, Snapdragon 888 memiliki Super Cortex X1 yang merupakan inti dengan kinerja bertenaga tinggi. Akan tetapi, ini juga dikabarkan menjadi sumber masalah konsumsi daya dan tingginya suhu prosesor. 

Adapun Snapdragon 780G diklaim tidak akan bermasalah karena intinya menggunakan Cortex A78 yang sudah terkenal memiliki keseimbangan tenaga dan temperatur. 

Gizchina melaporkan bahwa penggunaan 780G pada Mi 11 Lite 5G dipilih karena dengan begitu, Xiaomi tidak memerlukan inovasi yang signifikan pada subsistem pendingin perangkat, yang biayanya tidak murah. 

Sementara itu, menurut data resmi Qualcomm, performa CPU Snapdragon 780G diklaim 45 persen lebih cepat dari pendahulunya yang tak lain adalah Snapdragon 768G. 

Selain itu, GPU Adreno 642 yang digunakan juga dinyatakan 50 persen lebih cepat ketimbang GPU Adreno 620 yang ada pada prosesor 768G. Dengan kombinasi ini, performanya bakal mendongkrak smartphone kelas menengah dengan cukup signifikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper