Perangkat IoT Bisa Bantu Operasional Bus Pariwisata Makin Efisien

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 26 Maret 2021 | 20:00 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis/Nurul Hidayat
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran perangkat yang digerakan dengan internet (internet of things/IoT) diyakini dapat membuat ongkos operasional sejumlah tempat destinasi pariwisata dan Ibu Kota Negara makin efisien dan memanjakan para turis.

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung mengatakan perangkat IoT dapat digunakan untuk membantu melacak kendaraan bus pariwisata, sehingga para pengunjung tidak perlu menunggu di satu titik terlalu lama.

Dari sisi pengelola pariwisata, pelacakan bus juga akan membantu untuk memantau pergerakan bus seperti lama waktu bus beroperasi, jarak yang telah ditempuh, dan lain sebagainya, yang ujungnya akan memudahkan para pengelola pariwisata dalam mengelola armada mereka sehingga lebih efisien dari sisi perawatan dan bahan bakar.

“Jadi turis-turis bisa mengetahui lewat aplikasi letak bus mereka. Tidak perlu bertanya-tanya lagi dan tidak perlu mencetak brosur untuk mengetahui bus pariwisata sudah di mana,” kata Alamsyah kepada Bisnis.com, Jumat (26/3/2021).

Di samping itu perangkat IoT yang berukuran kecil, juga dapat digunakan sebagai gelang, yang berfungsi untuk melacak posisi turis ketika berada di tempat destinasi wisata. Pergerakan turis akan terpantau dan data yang dikumpulkan dapat dianalisa untuk pengembangan produk yang lebih baik.

Fox Logger yang berfokus pada solusi IoT pelacak benda bergerak, kata Alamsyah, juga dapat membantu memantau pergerakan armada di kantor pemerintah daerah, termasuk pemerintah daerah Ibu Kota Negara (IKN). Solusi IoT Fox Logger akan membantu memberi informasi seputar titik kemacetan lalu lintas, kondisi dan posisi kendaraan pelayanan publik, dan lain sebagainya.

“Posisi ambulans berada di mana, mobil polisi di mana, posisi bus sekolah sehingga anak sekolah bisa tahu yang terdekat di mana,” kata Alamsyah.

Alamsyah menturkan sejauh ini Fox Logger telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemprov Bali untuk membantu pelayanan publik. Pemprov Jakarta telah menggunakan sekitar 2.500 perangkat IoT Fox Logger untuk memantau pergerakan truk sampah dan bus sekolah

Sementara itu, Provinsi Bali menggunakan layanan Fox Logger pada bus sekolahnya sehingga efisiensi dan efektivitas supir dalam mengoperasikan bus sekolah dapat tercatat dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper