Lonjakan Sektor Digital, Bisnis Data Center Telkomsigma Semakin Tumbuh di Tengah Pandemi

Media Digital
Selasa, 2 Maret 2021 | 19:44 WIB
Foto: Dok. Telkomsigma
Foto: Dok. Telkomsigma
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peran data center sebagai digital enabler saat ini semakin esensial mengingat tatanan dan pola kerja digital masyarakat yang terbentuk selama pandemic COVID-19.

Perubahan pola kerja tersebut nyatanya mendorong perusahaan dan bisnis semakin bertumpu pada sistem digital dan operasi layanan berbasis cloud guna menjaga kelangsungan bisnis. 

Dengan meningkatnya workload dan trafik data yang dioperasikan melalui cloud, tentu juga akan berdampak pada peningkatan kebutuhan Data Center sebagai infrastruktur utama yang bertugas menopang lonjakan jumlah data yang dihasilkan, untuk selanjutnya disimpan dan diproses hingga menjadi value tertentu.

Trend peningkatan tersebut ternyata sejalan dengan Telkomsigma yang mencatatkan pertumbuhan market size Data Center-nya sebesar 17% hingga akhir 2020 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Direktur Business & Sales Telkomsigma, Tanto Suratno menjelaskan, “Peningkatan market Data Center kami menunjukkan bahwa pangsa pasar pada portfolio Data Center Services akan terus mengalami peningkatan di 2021 dan seterusnya, seiring dengan demand yang terus bertumbuh di tengah trend bisnis yang semakin digital oriented”.

Untuk menjawab permintaan Data Center yang diprediksi akan terus meningkat, Telkomsigma telah menyiapkan beragam opsi pilihan data center yang siap menampung kebutuhan pasar digital.

Selain tersedianya 3 data center enterprise berstandar Tier III dan IV yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya, Telkomsigma juga mengoperasikan 16 internet data center di berbagai wilayah Indonesia yang dapat diperuntukkan bagi bisnis skala SME.

Melalui persebaran data center dengan spesifikasi yang beragam, Telkomsigma menawarkan fleksibiltas data center kepada lebih dari 300 pelanggannya yang berasal dari beragam skala dan sektor seperti startup, enterprise, SME, hingga institusi nasional untuk mewujudkan transformasi digital yang sesuai dengan karakteristik bisnisnya.

Dengan didukung network dan konektivitas global Telkom Indonesia serta prosedur pengelolaan data center yang mengacu pada standar internasional, Telkomsigma memastikan aspek keamanan dan operasi data centernya mampu berjalan maksimal di berbagai situasi dan kondisi.

Data center Telkomsigma juga telah mengadopsi artificial intelligence berupa sistem IoT sebagai alat deteksi gerak yang mampu meningkatkan efisiensi pencahayaan, serta membantu proses monitoring dari setiap komponen dan sistem data center selama 24x7.  

Tentang Telkomsigma 

PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) merupakan perusahaan Integrated ICT (Information Communication & Technology) solutions di Indonesia.

Sejak 1987, PT Sigma Cipta Caraka terus berupaya menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif berbasis ICT. Hingga saat ini, Bisnis portofolio Telkomsigma mencakup layanan : Data Center & Cloud, IT Services, dan Digital Services. 

Sejak tahun  2010, Telkomsigma telah 100% menjadi anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) melalui holding PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra).

Dengan visinya sebagai “The Preferred Digital Transformation Partner” Telkomsigma siap menjadi mitra strategis dalam mendukung transformasi digital serta pertumbuhan skalabilitas bisnis pelanggan.

Telkomsigma juga mendukung transformasi bisnis dan visi Telkom Group sebagai digital telco yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat melalui pilar bisnis utama TELKOM yaitu digital platform dan digital services.

Sebagai bukti kredibilitas perusahaan yang konsisten menyediakan layanan ICT handal, Telkomsigma telah memperoleh berbagai penghargaan bergengsi dan bertaraf internasional, Penghargaan tersebut antara lain:

  • Frost & Sullivan Best Practices Awards 2020, Indonesia Cloud Infrastructure Services Provider of The Year
  • Innovative Company for Digitalizing SME and Startup through Cloud Services” dalam ajang Indonesia Digital Innovation Award (IDIA) 2020.
  • International Innovation Awards 2019 dari Enterprise Asia, untuk kategori produk Telkomsigma yaitu AlphaBITS Next Generation.
  • Data Center Services Provider of The Year, dalam Asia Pasific Best Practice Awards 2019 dari Frost & Sullivan.
  • The Best in Building and Managing Corporate Image Awards oleh Frontier Consulting, sebagai Penyedia Data Center Terbaik di Indonesia berturut-turut sejak tahun 2015 hingga 2020.
  • Perusahaan Penerima Sertifikat Uptime Institute Tier IV FACILITY pertama di Indonesia.
  • Penerima Sertifikat Uptime Tier III OPERATION Pertama bagi penyedia Data Center di wilayah Asia Tenggara.
  • Managed Service Provider of the Year 2017 dari Frost & Sullivan.
  • Data Center Service Provider of The Year pada tahun 2015 & 2016 dari Frost & Sullivan. ?           Telco Cloud Service Provider of the Year 2015 dari Frost & Sullivan.

Website http://www.telkomsigma.co.id/    

Instagram https://instagram.com/telkomsigma  

Facebook https://www.facebook.com/telkomsigma/  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper