Terima Pendanaan Pra-Seri A, Eden Farm Siap Ekspansi Pasar

Akbar Evandio
Senin, 1 Maret 2021 | 13:10 WIB
Ilustrasi startup/
Ilustrasi startup/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Eden Farm, startup berbasis pemasok bahan pangan, resmi mengumumkan penutupan pendanaan Pra-Seri A yang dipimpin oleh Investible diikuti AC Ventures dan Corin Capital. Seri pendanaan ini juga mendapat partisipasi dari investor individual yang strategis, baik lama maupun baru.

CEO Eden Farm David Setyadi Gunawan mengatakan pendanaan seri ini akan digunakan untuk memperluas operasi Eden Farm ke seluruh pulau Jawa dan Sumatra, memperluas lahan strategis yang diolah melalui program pendanaan petani, dan melanjutkan pengembangan teknologi untuk mengotomasi sebagian besar proses bisnis.

“Didukung oleh kondisi industri agrikultur Indonesia yang terbaik di dunia saat ini dan kemampuan kami untuk terus menunjukan performa usaha yang positif disertai dengan margin yang terus bertumbuh di tengah pandemi, kami berada di posisi yang kuat untuk menjalankan seluruh rencana pengembangan 2021 dan selangkah lebih dekat ke tujuan utama kami untuk membantu seluruh petani dan pengusaha kuliner di Indonesia,” katanya dalam siaran pers, Senin (1/3/2021).

Dia menjelaskan Eden Farm telah menunjukkan akselerasi pertumbuhan meskipun dalam pandemi Covid-19. Saat ini, Eden Farm telah melayani lebih dari 25.000 pedagang yang terdiri dari UMKM kuliner, hotel, restoran, kafe, pasar tradisional, reseller, dan startup di 12 kota dan 3 kabupaten di pulau Jawa.

Dari sisi pemasok, Eden Farm didukung oleh lebih dari 1.500 petani individu dan kelompok dari pulau Jawa dan Sumatera. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertumbuh secara eksponensial pada 2021 dengan didukung oleh keahlian Eden Farm dalam menemukan dan membina hubungan dengan petani strategis.

“Saat ini Eden Farm sudah melayani kota dan kabupaten Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Purwakarta, Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Semarang, dan Surabaya,” tuturnya.

Investment Director dari Investible Daniel Veytsblit mengatakan Eden Farm memiliki kemampuan untuk memilah rantai pasok bahan pangan secara efisien, dengan memberdayakan komunitas petani untuk menyediakan bahan pangan dengan metode JIT (just in time/tepat waktu) untuk pengiriman kepada berbagai jenis usaha kuliner.

“Bisnis ini memiliki peluang luar biasa untuk menurunkan harga dan ketidak-efisienan pangan di seluruh Indonesia. Kami tertarik pada pengalaman kewirausahaan yang mendalam dari para pendiri bisnis, serta visi mereka untuk menciptakan swasembada pangan di Indonesia,” ujarnya.

Adapun, Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 30 juta petani. Sektor pertanian menyumbang 14 persen dari PDB Indonesia atau setara dengan US$140 miliar dengan pertumbuhan 8 persen setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper