Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi layanan streaming video. - Bloomberg/Daniel Acker
Premium

Ada Apa dengan Surat Keberatan OTT dan PP Postelsiar?

24 Februari 2021 | 20:43 WIB
Penyedia layanan Over-the-Top atau OTT dikabarkan mengirimkan surat keberatan yang akhirnya memberikan dampak terhadap PP No. 46/2021 tentang Postelsiar yang disahkan 2 Februari 2021.

Bisnis.com, JAKARTA – Penyedia layanan over-the-top (OTT) diduga mendapatkan kelonggaran dalam menjalankan operasionalnya di Indonesia usai peraturan pemerintah tidak mewajibkan mereka untuk bekerja sama dengan operator telekomunikasi lokal. Namun, hal tersebut tidak terjadi begitu saja.

Dalam dokumen yang diterima Bisnis.com, Rabu (24/2/2021), penyedia OTT sempat mengirim surat keberatan atas kewajiban kerja sama dengan penyelenggara jaringan dan penyedia jasa dalam negeri sebagaimana yang tertuang pada Pasal 14 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (Postelsiar).

Pemerintah hakikatnya sempat memiliki wacana untuk mewajibkan para OTT bekerja sama dengan operator telekomunikasi lokal. Dengan kerja sama, maka tercipta sebuah model bisnis yang saling mengungtungkan.

Dalam pasal 14 RPP Postelsiar disebutkan pelaku usaha di Indonesia dan/atau Pelaku Usaha asing yang menjalankan kegiatan usaha melalui internet di Indonesia atau memberikan layanan kepada pengguna di wilayah Indonesia dalam menyediakan layanannya harus melalui kerja sama dengan penyelenggara jaringan telekomunikasi dan/atau penyelenggara jasa telekomunikasi di Indonesia.

Kerja sama berdasarkan prinsip adil, wajar, dan nondiskriminatif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, 27 hari setelah rancangan peraturan tersebut keluar atau pada 27 Januari 2021, Facebook, Google, Netflix dan Apple melalui perwakilannya yang terdapat di Asia Pasific menyurati sejumlah kementerian di Indonesia yang menyatakan keberatan atas kewajiban kerja sama tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top