Informasi Soal Gangguan Makan Kini Bisa Diakses di Instagram

Rezha Hadyan
Selasa, 23 Februari 2021 | 15:40 WIB
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram menambahkan akses khusus bagi penggunanya yang membutuhkan informasi mengenai gangguan makan.

Melansir The Verge pada Selasa (23/2/2021), apabila pengguna diketahui mencari tagar atau konten yang berpotensi terkait dengan gangguan makan, Instagram secara otomatis akan memandu pengguna tersebut ke sumber atau saluran bantuan yang disediakan oleh National Eating Disorders Association (NEDA) di AS, Inggris, Australia dan Kanada.

Sebelumnya, Instagram mengaburkan konten saat menemukan hasil pencarian terkait gangguan makan, namun kini akan mengarahkan pengguna ke sumber yang dirancang khusus untuk perilaku gangguan makan.

Instagram juga mengatakan berencana untuk menampilkan sumber jika seseorang mencoba berbagi konten terkait gangguan makan, atau jika seorang teman prihatin tentang sesuatu yang mereka lihat di unggahan dan ingin menawarkan dukungan.

Apa yang dilakukan oleh Instagram ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh TikTok. Namun, tidak seperti TikTok, Instagram tidak secara langsung menunjuk ke sumber khusus gangguan, meskipun ditampilkan dalam daftar umum saluran bantuan.

Saat ini, mencari konten yang terkait dengan gangguan makan akan membawa pengguna ke daftar saluran bantuan umum, yang tidak hanya mencakup NEDA tetapi juga National Alliance on Mental Illness, Veterans Crisis Line dan Trevor Project.

Namun, tangkapan layar Instagram memperlihatkan bahwa tombol dukungan akan secara khusus menampilkan kontak NEDA, bukan hanya menunjukkan seluruh daftar saluran bantuan yang tersedia.

Sebagai bagian dari program Pekan Kesadaran Gangguan Makan Nasional, Instagram juga mengatakan berencana untuk bekerja dengan para pemimpin masyarakat untuk menerbitkan Reel yang mendorong citra tubuh yang positif, melawan stigma berat badan dan stereotip berbahaya, dan menunjukkan bahwa semua tubuh layak dan pantas untuk dirayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper