Begini Cara Pakai Dua Akun WhatsApp Aktif di Satu HP Android

Muhammad Khadafi
Selasa, 23 Februari 2021 | 13:37 WIB
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop / Bisnis - Feni Freycinetia
Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop / Bisnis - Feni Freycinetia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengguna smartphone Android punya satu keunggulan dibandingkan dengan iPhone, yakni dapat menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu gawai. Namun tidak semua merek ponsel bisa melakukan ini. 

Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, ada 7 merek Android yang bisa melakukan hal tersebut, yaitu Samsung, Xiaomi, Realme, OnePlus, Asus, Vivo, dan Oppo. Kebanyakan tipe terbaru ponsel Android merek tersebut memilki fitur bawaan untuk menduplikasi aplikasi, sehingga tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Fitur duplikasi itu dapat membuat pengguna memiliki dua aplikasi sama dalam satu smartphone dengan akun yang berbeda. Dengan demikian akun WhatsApp yang telah diduplikasi dapat menggunakan dua nomor yang berbeda. 

Adapun setiap smartphone Android punya nama yang berbeda untuk fitur duplikasi. Berikut nama aplikasi masing-masing smartphone: 

Samsung: Dual Messenger
Xiaomi: Dual Apps
Realme: Clone Apps
OnePlus: Parallel Apps
Oppo: Clone Apps
Vivo: App Clone
Asus: Twins Apps.

Setelah menemukan aplikasi terseubt di ponsel Android yang Anda gunakan, Anda tinggal melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkannya. 

Dalam beberapa tipe ponsel, fitur duplikasi ini dapat diakses dengan menekan aplikasi yang hendak digandakan selama beberapa detik. Kemudian akan muncul pilihan untuk membuat aplikasi kembarannya.

Namun bila cara tersebut tidak bisa dilakukan di smartphone Android Anda, berikut caranya untuk setiap merek:

Samsung

Bila Samsung Anda telah menggunakan tampilan muka One UI, perengkat ini mungkin akan bertanya apakah akan menggunakan akun WhatsApp kedua ketika Anda menginstall aplikasi. Jika tidak, Anda hanya perlu ke Setting lalu klik Advance Features kemudian Dual Messenger.

Xiaomi

Pada Xiaomi kamu hanya perlu ke Setting kemudian klik 'Dual Apps'.

Oppo

Masuk ke Setting kemudian pilih 'Clone Apps'.

Vivo

Masuk ke Setting, lalu click Apps Clone.

Setelah Anda akan memiliki dua aplikasi WhatsApp dalam satu smartphone, selanjutnya adalah log in dengan nomor yang Anda inginkan pada aplikasi WhatsApp kedua Anda. 

Kemudian Anda hanya perlu mengikuti langkah untuk mendaftar atau masuk ke dalam akun WhatsApp. Setelah semuanya selesai, Anda memiliki dua akun WhatsApp aktif dalam satu smartphone Android. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper