XL Axiata Perkuat Jaringan, Dorong Pertumbuhan ARPU Pascabayar

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 23 Februari 2021 | 20:49 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan berfokus meningkatkan kualitas jaringan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

XL meyakini layanan yang baik berdampak pada kepuasan pelanggan yang secara tidak langsung akan turut mendorong pertumbuhan rerata pendapatan per pelanggan (ARPU) pascabayar.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan untuk mendorong pertumbuhan ARPU pelanggan - termasuk pelanggan pascabayar- perseroan akan terus berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Upaya-upaya tersebut, kata Ayu, diwujudkan melalui peningkatan kualitas jaringan dari ujung ke ujung (end-to-end), terus memperluas dan meningkatkan kapasitas jaringan layanan data khususnya di luar Pulau Jawa.

XL juga menargetkan fiberisasi dengan menyasar 9.000 titik baru pada tahun ini untuk memberikan pengalaman yang lebih baik sekaligus mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi menuju 5G.

“Untuk mendorong pertumbuhan ARPU pelanggan termasuk pelanggan pascabayar, kami akan terus berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik (better user experience) kepada pelanggan, memberikan kenyamanan dalam menikmati layanan data yang disediakan,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Selasa (23/2/2021).

Sepanjang 2020, ARPU pascabayar XL cenderung menurun. Pada kuartal I/2020 ke kuartal II/2020 ARPU pascabayar XL tercatat tercatat turun dari Rp114.000 ke Rp111.000.

ARPU XL kembali turun pada kuartal III dan tumbuh stagnan pada kuartal IV/2020 yaitu senilai Rp110.000 . Dari sisi pelanggan, jumlah pelanggan pascabayar XL juga stagnan diangka 1,1 juta sepanjang 2020.

Ayu menjelaskan penurunan ARPU pascabayar pada awal kuartal II/2020 disebabkan kompetisi yang makin ketat dan juga menurunnya daya beli masyarakat/pelanggan sejak awal masa pandemi.

“Namun sebenarnya secara keseluruhan ARPU pelanggan pascabayar XL relatif stabil dan jumlah pelanggan pascabayar juga terus meningkat karena berbagai upaya yang berhasil dilakukan sejak Q2/2020 hingga Q4/2020,” kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper