Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerataan Internet, Kominfo Dorong UMKM go Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan terus meningkatkan pemerataan akses jaringan Internet yang merata di seluruh wilayah Nusantara guna mengodorong pelaku UMKM memasarkan produk secara digital.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  20:34 WIB
UMKM go online. High Throughput Satellite pada akhir 2023 akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia.  - IM2
UMKM go online. High Throughput Satellite pada akhir 2023 akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia. - IM2

Bisnis.com, JAKARTA - Komunikasi dan Informatika menegaskan terus meningkatkan pemerataan akses jaringan Internet yang merata di seluruh wilayah Nusantara guna mengodorong pelaku UMKM memasarkan produk secara digital.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan Kominfo memberikan dukungan yang besar supaya pelaku UMKM dan mikro dapat memasarkan produk secara digital.

“Kami akan bekerja keras untuk memastikan Internet link ratio dan close digital divide atau memperkecil disparitas antarwilayah Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (20/2/2021).

Johnny G. Plate menyampaikan hal itu dalam Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba yang berlangsung virtual. Dia menyebutkan upaya pemerataan akses Internet ditargetkan bisa selesai pada 2022.

Kominfo, tegasnya, sangat mendukung peningkatan bisnis peran UMKM dan ultra mikro yang sejauh ini menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Kehadiran jaringan Internet diharapkan dapat membuka akses pasar yang lebih luas ke seluruh wilayah Indonesia.

“Sampai 2022 nanti, mudah-mudahan, dengan arahan dan dukungan politik yang kuat dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri Keuangan, kami akan menghadirkan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan di seluruh pelosok Indonesia,” jelasnya.

Johnny menyebutkan pemerintah tengah menyiapkan pembangunan infrastruktur TIK untuk menjembatani kesenjangan akses Internet di seluruh wilayah Tanah Air. Salah satunya ialah menghadirkan High Throughput Satellite pada akhir 2023 yang akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia.

“Dengan tersedianya infrastruktur ini kita harapkan, onboarding UMKM dan Ultra Mikro ke dalam digital marketplace lebih baik,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkominfo umkm go online
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top