Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo Perlu Tingkatkan Sosialisasi Pendaftaran PSE

Kementerian Kominfo dinilai perlu meningkatkan sosialisasi pendaftaran PSE.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  14:07 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menilai penegakan hukum atas kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing untuk mendaftar di sistem Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih sangat rendah. Alhasil banyak perusahaan yang tidak mendaftar di sistem tersebut.

Ketua Bidang Industri Aplikasi Nasional Mastel M. Tesar Sandikapura mengatakan pendaftaran PSE di Kemenkominfo dahulu bersifat imbauan, tetapi pada tahun lalu diubah menjadi wajib. Adapun, saat ini jumlah pendaftar di situs tersebut masih sedikit dan pemerintah dinilai kurang sosialisasi mengenai pendaftaran ini.

Hukum mendaftar di situs Kemenkominfo bagi PSE disarankan setara dengan kewajiban perusahaan finansial teknologi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga seandainya ada PSE yang tidak terdaftar maka PSE tersebut ilegal.

“[Whatsapp, Facebook dan lain sebagainya] seharusnya ilegal, sehingga ketika mereka ikut tender dan lain sebagainya tidak bisa,” kata Tesar kepada Bisnis.com, Jumat (19/2/2021).

Tesar juga berpendapat seharusnya seluruh PSE yang bersinggungan dengan publik, wajib mendaftar di sistem Kemenkominfo, karena menyangkut kepentingan umum. Adapun PSE yang bersifat tertutup diberi kebebasan dalam pendaftaran. Hanya saja memang idealnya semuanya terdaftar atau semua aplikasi yang ada di toko aplikasi.

Setiap PSE wajib mendaftar di Kemenkominfo. PSE yang tidak mendaftar berisiko diblokir.

Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi menjelaskan dalam Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat, seluruh PSE wajib mendaftar di Kemenkominfo.

Kewajiban itu juga mencakup PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi, tidak terbatas pada pesan singkat, melainkan juga panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial. Adapun Clubhouse, kata Dedy, belum terdaftar di Kemenkominfo.

"Clubhouse belum terdaftar di kominfo dan kami harap dapat mendaftar sesuai ketentuan dalam PM No. 5/2020," kata Dedy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top