Layanan Over The Top, Vidio Ingin Pemain Lokal & Asing Setara

Puput Ady Sukarno
Kamis, 18 Februari 2021 | 11:21 WIB
Ilustrasi streaming
Ilustrasi streaming
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air melalui beleid yang mewajibkan kerja sama antara penyedia layanan over-the-top (OTT) asing dan lokal dengan penyelenggara telekomunikasi ke dalam RPP Postelsiar mendapat dukungan OTT lokal.

Pasalnya, dengan aturan kerja sama tersebut, selain bakal membuat ekonomi digital Indonesia tumbuh, juga memberikan equal playing field antara OTT asing dengan OTT lokal. 

Deputy CEO Vidio Hermawan Sutanto mendukung rencana yang digagas oleh Kemenko Perekonomian dan Kominfo dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai Bidang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar)  tersebut sebagai turunan Undang-Undang No. 11/2020 tentang Cipta Kerja. 

"Vidio berterima kasih atas upaya yang dilakukan pemerintah dalam menyetarakan playing field antara pemain asing dengan pemain lokal dan tentunya mendukung kerja sama perusahaan OTT dan perusahaan telekomunikasi nasional," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya kolaborasi yang erat antara perusahaan OTT dengan operator telekomunikasi memiliki potensi besar dalam mendorong kemajuan ekonomi digital nasional yang tengah digalakkan Presiden Jokowi.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan seluruh operator telekomunikasi nasional yang selama ini sudah bekerja sama dengan unit usaha EMTEK Group tersebut. Saat ini Vidio sudah bekerja sama dengan XL, Indosat, Tri, Smartfren, Telkom dan Telkomsel. 

Menurutnya, operator telekomunikasi nasional benar-benar memperhatikan perusahaan OTT lokal seperti Vidio yang mengusung konten-konten lokal sehingga terbentuk ekosistem ekonomi digital dan kreatif lokal yang sangat kuat dan saling menguntungkan.

"Kerja sama yang terjalin baik selama ini dapat memastikan jaminan kualitas dari koneksi data, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan OTT dalam menikmati layanan live streaming konten, seperti siaran langsung olahraga maupun video on demand (VOD)," ujarnya.

Selain itu, menurutnya, kerja sama tersebut terbukti mampu meningkatkan jumlah pelanggan aktif Vidio, sehingga keuntungan kerja sama tak hanya dinikmati Vidio dan partner operator telekomunikasi saja, namun juga bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper