Intip Persiapan XL Axiata (EXCL) Hadirkan Jaringan 5G

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 17 Februari 2021 | 09:17 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) terus mempersiapkan jaringan yang dimiliki untuk menyambut 5G. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menggenjot pergelaran fiberisasi.

Chief Technology Officer ‎PT. XL Axiata Tbk. I Gede Darmayusa mengatakan perseroan akan terus menggenjot pembangunan jaringan serat optik atau fiberisasi pada tahun ini, dengan menargetkan 9.000 titik baru. Pada 2020, XL Axiata mengklaim berhasil melakukan fiberisasi pada 10.500 sites di seluruh Indonesia.

"Jadi secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang terhubung dengan serat optik [fiberisasi] pada 2021," kata Darmayusa dalam konferensi virtual, Selasa (16/2/2021).

Darmayusa menjelaskan penambahan jaringan serat optik dilakukan untuk meningkatkan kapasitas yang dimiliki untuk menjaga kepuasan pelanggan sekaligus mempersiapkan perseroan dalam menyambut kehadiran teknologi 5G.

Secara infrastruktur telekomunikasi, Darmayusa mengeklaim XL Axiata telah siap untuk menggelar 5G. XL hanya terkendala dalam hal frekuensi

Darmayusa juga mengatakan ke depan perseraon akan terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan. Dari total anggaran modal belanja gelar jaringan pada 2021, sebesar 55 persen akan difokuskan untuk pengembangan jaringan di luar Pulau Jawa dan 45 persen untuk Pulau Jawa.

"Kami sudah berkomitmen untuk mengembangkan jaringan di luar Jawa sejak tiga tahun lalu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper