Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo Temu Virtual dengan ITU, Ini yang Dibahas

Kementerian Kominfo melakukan kolaborasi dengan International Telecommunication Union (ITU) untuk membahas sejumlah isu TIK di Indonesia.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Februari 2021  |  11:25 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama International Telecommunication Union (ITU) Development Sector membahas pengembangan Cetak Biru Desa Cerdas dan pelatihan inovasi daerah.

“ITU telah meminta BAKTI Kementerian Kominfo dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengembangkan Cetak Biru Desa Cerdas. Poin tindak lanjutnya adalah pembahasan pemerincian spesifik tentang inisiatif dan di mana Kominfo dapat berkontribusi," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dalam siaran pers, Jumat (12/2/2021).

Dia mengapresiasi inisiatif kolaborasi ITU yang tengah berlangsung. Demi kemajuan Pelatihan Inovasi Daerah, ITU telah meminta Indonesia menjadi salah satu peserta Pelatihan Inovasi Daerah yang akan didasarkan pada Toolkit ITU: Menjembatani Kesenjangan Inovasi Digital.

Mira menuturkan kedua pihak membahas tentang persiapan teknis pelaksanaan The ITU World Telecommunication Development Conference 2021 (WTDC-21) yang akan berlangsung pada 8–9 November 2021 di Addis Ababa, Ethiopia.

"Kami membahas beberapa hal yang dibahas antara lain mengenai pertemuan Kelompok Kerja WTDC, pertemuan persiapan Telekomunitas Asia Pasifik [APT], dan substansi WTDC termasuk Deklarasi WTDC," tuturnya.

Dia juga mengapresasi pendampingan ITU dalam beberapa kegiatan pembangunan, antara lain pengembangan sistem radio untuk nelayan, peningkatan Indeks Pengembangan TIK, dan pengembangan IoT pada 2017–2019.

"Pada tahun ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kominfo meminta bantuan ITU untuk melakukan kegiatan capacity building," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top