Banjir Pesanan dari Intel dan Apple, Pabrikan Chip Taiwan Bangun Pusat Riset di Jepang

Rezha Hadyan
Kamis, 11 Februari 2021 | 10:25 WIB
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen chip terbesar di dunia, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), menyatakan akan membangun pusat riset terbarunya di Jepang untuk memperluas pengembangan bahan baku semikonduktor canggih.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Kamis (11/2/2021), TSMC memutuskan untuk mendirikan anak perusahaan yang sepenuhnya milik Jepang dalam sebuah rapat komisaris belum lama ini. Fasilitas baru itu akan dibangun di Kota Tsukuba di dekat Tokyo pada akhir tahun ini.

Perusahaan itu berencana untuk melakukan riset dan pengembangan bahan baku untuk sirkuit terintegrasi tiga dimensi bersama dengan perusahaan Jepang.

Seorang analis industri di Taiwan mengatakan langkah itu akan membuat TSMC dapat menyediakan bahan baku teknologi canggih Jepang dan memproduksi lebih banyak cip untuk kebutuhan perusahaan teknologi dunia.

Seperti diketahui, pada 2021 TSMC kebanjiran pesanan chip dari sejumlah perusahaan teknologi dunia, salah satu diantaranya adalah Intel.

Melansir GizChina, TSMC dikabarkan akan memproduksi prosesor Intel Core i3 dengan teknologi fabrikasi 5nm mulai paruh kedua tahun ini. Tidak hanya itu, Intel juga berencana untuk mengalihkan produksi prosesor lain dengan teknologi fabrikasi 3nm-nya ke TSMC mulai paruh kedua 2022.

Pesaing Intel, AMD sudah lebih dahulu mengalihkan produksi prosesornya ke TSMC pada tahun lalu. Keputusan tersebut diambil lantaran TSMC punya kemampuan produksi cip berteknologi tinggi yang efisien dengan fabrikasi kecil.

Pembangunan pusat riset di Jepang juga tak terlepas dari rencana Apple mengembangkan teknologi layar ultra mutakhir micro OLED dengan TSMC. Apple dan TSMC merupakan dua perusahaan yang punya hubungan sangat erat satu sama lain.

TSMC merupakan pemasok satu-satunya prosesor untuk iPhone, tak terkecuali iPhone 12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper