Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pendiri dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya berfoto di kantor pusat e-commerce tersebut di Jakarta, Indonesia, Jumat (19/2/2016). - Bloomberg/Dimas Ardian
Premium

Tokopedia Akhirnya Bicara Soal Merger Gojek dan Rencana IPO

04 Februari 2021 | 21:09 WIB
Tokopedia akhirnya buka suara dan blak-blakan usai terus menerus diterpa kabar soal merger dengan Gojek dan rencana IPO.

Bisnis.com, JAKARTA – Isu merger antara Tokopedia dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) ternyata masih dinantikan kepastiannya hingga saat ini. Padahal, kabar pasar tersebut telah berhembus sejak 2018.

Awal tahun ini, sumber Bloomberg sempat mengatakan dua perusahaan rintisan paling berharga di Indonesia ini telah menandatangani lembar persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas bisnis masing-masing.

Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan gabungan ini juga akan berencana go public di pasar modal AS dan Indonesia.

Banyak yang bilang kalau isu ini kembali mencuat usai pembicaraan hal yang sama antara Gojek dengan Grab menemui jalan buntu pada akhir 2020. Publik seakan ingin agar 'perkawinan' serasi antara dua perusahaan rintisan (startup) yang memiliki dominasi warna identik hijau ini terwujud.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, entitas hasil merger ini akan menciptakan perusahaan internet raksasa di Indonesia dengan nilai gabungan lebih dari US$18 miliar (Rp252 triliun dengan kurs Rp14.000).

Bisnis perusahaan gabungan ini akan mencakup pemesanan kendaraan dan pembayaran hingga belanja serta pengiriman online, layaknya perusahaan versi lokal dari gabungan Uber Technologies Inc., PayPal Holdings Inc., Amazon.com Inc., dan DoorDash Inc.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top