Google Meet Hadirkan Fitur Baru untuk Memudahkan Meeting

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Februari 2021 | 15:23 WIB
Google Meet menyediakn fitur baru./ilustrasi
Google Meet menyediakn fitur baru./ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Meet telah menambahkan fitur terbaru yang mempermudah penggunanya mempersiapkan pertemuan virtual, terutama jika ingin memastikan semua perangkat pendukung berfungsi sepenuhnya.

Melansir The Verge pada Rabu (3/2/2021), fitur yang diberi nama "Green Room" itu akan membantu pengguna memastikan kamera , speaker, dan mikrofon berfungsi sebagaimana mestinya sebelum memulai pertemuan. Selain itu, fitur tersebut juga mempermudah pengguna untuk menyetel ulang setelah mengganti perangkat yang digunakan.

"Green Room" bisa diakses melalui tombol kecil yang berada di bawah video bertuliskan "Periksa audio dan video Anda". Cukup klik tombol tersebut maka jendela pop-up tidak hanya akan menampilkan gambar video pengguna, tetapi memungkinkan penggunanya melihat dan mengubah mikrofon, speaker dan kamera mana yang saat ini aktif.

Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna merekam sampel video singkat berdurasi enam detik untuk memastikan bagaimana penampilan dan suara mereka saat pertemuan. Klip tersebut bersifat pribadi dan tidak akan disimpan oleh Google.

Mikrofon, speaker, kamera dan koneksi pengguna juga diperiksa oleh sistem dan mendapatkan tanda centang hijau jika tampaknya berfungsi. Tentunya ini akan sangat memudahkan dibandingkan dengan sebelumnya yang harus mengunjungi menu setelan terlebih dahulu.

Sebelum menghadirkan 'Green Room', Google terlebih dahulu memperkenalkan fitur kustomisasi latar belakang khusus untuk Google Meet.

Tidak ada ekstensi perambah yang diperlukan untuk mengaktifkan latar belakang yang dikustomisasi. Anda harus dapat menambahkan gambar latar belakang dari koleksi foto Anda sendiri atau dari perpustakaan gambar yang disediakan oleh Google yang mencakup lanskap, seni abstrak, dan kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper