Instagram Hadirkan Fitur Recently Added, Fungsinya Mirip Recycle Bin di Windows

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Februari 2021 | 13:51 WIB
Instagram telah memiliki fitur Recently Added yang  mirip dengan Recycle Bin/Istimewa
Instagram telah memiliki fitur Recently Added yang mirip dengan Recycle Bin/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya melihat kembali konten mereka yang sudah dihapus, baik unggahan unggahan foto maupun video di Feed, Reels, IGTV, dan Stories.

Melansir The Verge pada Rabu (3/2/2021), fitur terbaru yang dimaksud adalah "Recently deleted". Instagram menghadirkan fitur ini dengan tujuan mengantisipasi peretasan, terutama jika peretas mendapatkan kendali atas akun tertentu dan menghapus konten-konten milik akun tersebut.

"Kami tahu ini adalah sesuatu yang dinanti-nanti kehadirannya oleh banyak orang, dan kini, untuk pertama kalinya, Anda dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Kami juga menambahkan perlindungan untuk membantu mencegah peretas menyusupi akun Anda dan menghapus postingan yang telah Anda bagikan," demikian pernyataan resmi Instagram di situs resminya.

Fitur ini membutuhkan konfirmasi untuk mengetahui apakah benar yang menggunakannya adalah pemilik akun. Instagram akan mengirimkan konfirmasi melalui teks atau surel kepada pemilik akun untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen.

Konten yang dihapus akan tetap berada di folder selama 30 hari, dan jika tidak disentuh, item akan dihapus secara otomatis. Sementara, Stories yang dihapus menjadi pengecualian. Stories yang dihapus dapat bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen. Mirip dengan fitur Recycle Bin pada Windows atau Trash pada Google Drive.

Instagram sebelumnya telah menawarkan fitur arsip, atau cara untuk menyimpan unggahan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Fitur ini memungkinkan orang untuk menyimpan unggahan mereka sebagai opsi, jika mereka tidak ingin menghapusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper