Pandemi Covid-19, Keuntungan Nintendo Naik Hampir Dua Kali Lipat

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Februari 2021 | 09:49 WIB
Kinerja perusahaan Nintendo mengalami kenaikan penjualan hingga dua kali lipat selama pandemi virus corona (Covi-19)./The Geek
Kinerja perusahaan Nintendo mengalami kenaikan penjualan hingga dua kali lipat selama pandemi virus corona (Covi-19)./The Geek
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nintendo mencatat rekor keuntungan bersih untuk periode April-Desember di tengah meningkatnya permintaan gim saat orang-orang tinggal di rumah selama pandemi virus corona.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (3/2/2021), produsen gim video asal Jepang itu mengungkapkan bahwa keuntungan bersih untuk periode tersebut melonjak 91 persen dibandingkan setahun sebelumnya menjadi 376,6 miliar yen, atau sekitar US$3,6 miliar.

Penjualan naik tajam sebanyak 37 persen menjadi sekitar 13,3 miliar dolar. Nintendo menjual lebih dari 30 kopi gim Mario Kart 8 Deluxe dan Animal Crossing: New Horizons. Sementara The Legend of Zelda: Breath of the Wild dan Pokemon Sword/Shield masing-masing terjual lebih dari 20 juta kopi.

Pada kesempatan yang sama Nintendo juga menyatakan telah menjual 11,57 juta konsol Switch sepanjang kuartal-IV 2020. Apabila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu, terjadi peningkatan sekitar tujuh persen.

Apabila digabungkan dengan penjualan konsol tersebut sejak pertama kali diluncurkan pada 2017, Nintendo tercatat sudah 79,87 juta unit. Angka tersebut menjadikan Switch perangkat konsol dengan penjualan terbesar mereka sepanjang masa mengalahkan 3DS yang berhasil terjual sebanyak 75,94 unit.

Pada akhir tahun fiskalnya yang berakhir pada 31 Maret 2021, Nintendo memprediksi akan menjual sebanyak 26,5 juta unit Switch, dengan perkiraan keuntungan meningkat 33 persen persen menjadi 400 miliar yen.

Di sisi lain, hingga saat ini Nintendo masih belum mengungkapkan kepastian hadirnya versi terbaru dari Switch yang kabarnya akan meluncur dalam waktu dekat. Namun, beberapa bocoran menyebut Nintendo sebenarnya sudah mempersiapkan perangkat Switch terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper