Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM Bisa Dorong Tren Penggunaan Cloud Hosting

UMKM dinilai berpotensi mendorong penggunaan cloud hosting pada 2021 untuk memudahkan sharing dan akses di antara karyawan hingga konsumen mereka.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  14:55 WIB
Ilustrasi komputasi awan - Istimewa
Ilustrasi komputasi awan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) menilai tren penggunaan cloud hosting oleh pasar akan makin marak ke depan, terutama oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) Fanky Christian mengatakan penggunaan public cloud hosting mulai dari Google Drive dan Onedrive yang mendominasi penggunaan oleh UMKM karena dapat diakses secara gratis.

“Untuk UMKM umumnya bicara biaya, jadi penggunaan yang gratis, apabila telah mencapai limit mereka akan buka akun lain atau bayar bulanan. Sekarang saja bayar Gmail berbayar hanya US$4,5 atau Rp60.000 per bulan. Untuk cloud hosting lokal ini yang belum banyak digunakan UMKM selain untuk penempatan website hosting-nya,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (1/2/2021).

Tidak hanya itu, dia menilai pada 2021 penggunaan cloud hosting makin dibutuhkan semua perusahaan di berbagai skala. Hal ini karena pelaku usaha bisa menempatkan website, email dan file mereka di sana.

“Penggunaan cloud hosting akan memudahkan sharing dan akses di antara pengguna [karyawan] hingga konsumen mereka,” ujarnya.

Alhasil, dia meyakini potensi kenaikan permintaan penggunaan cloud hosting pada tahun ini akan meningkat hingga 30 persen.

“Akan naik 30 persen lantaran sekarang ini makin banyak yang mengerti penggunaan sharing file di cloud, dan makin banyak yang merasakan perlu punya website, maka otomatis mereka perlu hosting,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi umkm
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top