UMKM Bisa Dorong Tren Penggunaan Cloud Hosting

Akbar Evandio
Selasa, 2 Februari 2021 | 14:55 WIB
Ilustrasi komputasi awan/Istimewa
Ilustrasi komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) menilai tren penggunaan cloud hosting oleh pasar akan makin marak ke depan, terutama oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sekretaris Jenderal Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) Fanky Christian mengatakan penggunaan public cloud hosting mulai dari Google Drive dan Onedrive yang mendominasi penggunaan oleh UMKM karena dapat diakses secara gratis.

“Untuk UMKM umumnya bicara biaya, jadi penggunaan yang gratis, apabila telah mencapai limit mereka akan buka akun lain atau bayar bulanan. Sekarang saja bayar Gmail berbayar hanya US$4,5 atau Rp60.000 per bulan. Untuk cloud hosting lokal ini yang belum banyak digunakan UMKM selain untuk penempatan website hosting-nya,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (1/2/2021).

Tidak hanya itu, dia menilai pada 2021 penggunaan cloud hosting makin dibutuhkan semua perusahaan di berbagai skala. Hal ini karena pelaku usaha bisa menempatkan website, email dan file mereka di sana.

“Penggunaan cloud hosting akan memudahkan sharing dan akses di antara pengguna [karyawan] hingga konsumen mereka,” ujarnya.

Alhasil, dia meyakini potensi kenaikan permintaan penggunaan cloud hosting pada tahun ini akan meningkat hingga 30 persen.

“Akan naik 30 persen lantaran sekarang ini makin banyak yang mengerti penggunaan sharing file di cloud, dan makin banyak yang merasakan perlu punya website, maka otomatis mereka perlu hosting,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper