BSSN Ungkap Tantangan Terbesar Keamanan Siber di Indonesia

Rio Sandy Pradana
Rabu, 27 Januari 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi pengguna sedang mengetik kode siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi pengguna sedang mengetik kode siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjabarkan soal tantangan terbesar dalam mewujudkan keamanan siber yang menjadi isu strategis di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Akhmad Toha menuturkan ruang siber Indonesia yang luas, multi dimensi dan multi sektor, serta ancaman serangan yang meningkat, membutuhkan perhatian semua pihak. BSSN akan terus mewujudkan Pilar Pertama Strategi Keamanan Siber Nasional, yaitu Ketahanan Siber Indonesia.

"Salah satu tantangan terbesar dalam mewujudkan keamanan siber adalah kompleksitas lanskap yang disebabkan oleh jenis penyerang, dampak yang ditimbulkan serangan, serta target serangan yang sangat beragam di ruang siber," kata Toha dalam siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Dia menuturkan pada era digital saat ini, masyarakat memerlukan pengetahuan yang cukup terkait manfaat maupun kerentanan yang ada di ruang siber.

Sementara itu, President Cloud and AI Business Group Huawei Indonesia Jason Zhang berkomitmen dalam mengintegrasikan kepatuhan keamanan siber sebagai bagian integral dari bisnis dan layanan perusahaan.

"Selain itu kami juga telah mengikuti assessment yang diterapkan oleh BSSN. Kami percaya dalam waktu dekat ketahanan keamanan siber akan menjadi praktik standar keamanan informasi keamanan yang diwajibkan bagi semua perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk memastikan keamanan penyimpanan data pelanggan," kata Zhang.

Huawei, kata dia, menjadikan kepercayaan sebagai aspek terpenting dari solusi Cloud yang kami miliki. Perusahaan diklaim telah membangun cloud public yang kredibel secara global yang menampilkan keamanan, kepatuhan, privasi, transparansi, dan ketahanan.

"Kami akan terus berbagi pengetahuan tentang teknologi baru dan risiko keamanan siber yang berpotensi muncul di masa depan dan harus diantisipasi dari sekarang, serta mendorong kolaborasi inovatif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper