Dukung Penanganan Covid-19, Google Gelontorkan Ratusan Juta Dolar AS

Newswire
Selasa, 26 Januari 2021 | 09:52 WIB
Google Search dan Maps akan segera menampilkan tempat vaksinasi dengan detail penting./Istimewa-blog.google
Google Search dan Maps akan segera menampilkan tempat vaksinasi dengan detail penting./Istimewa-blog.google
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Google mengumumkan inisiatif dengan menyediakan lebih dari US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun untuk mempromosikan edukasi dan distribusi vaksin Covid-19.

"Kami menyediakan lebih dari US$150 juta untuk mempromosikan edukasi vaksin dan distribusi yang adil serta mempermudah untuk menemukan informasi yang relevan secara lokal, termasuk kapan dan di mana mendapatkan vaksin," ujar CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai dalam blog resmi Google, dikutip Selasa (26/1/2021).

"Kami juga akan membuka ruang Google untuk dijadikan situs vaksinasi sesuai kebutuhan," katanya.

Beberapa fasilitas Google, seperti gedung, tempat parkir dan ruang terbuka, akan tersedia sebagai klinik vaksinasi, dengan rencana untuk membuka klinik di Los Angeles, San Francisco, Kirkland, Washington, dan New York City terlebih dahulu, kemudian berkembang secara nasional saat vaksin tersedia lebih banyak.

Pichai juga mengumumkan vahwa Google akan memberi US$100 juta dalam bentuk hibah iklan kepada CDC Foundation, WHO, dan organisasi nirlaba lainnya.

Raksasa teknologi itu berencana untuk menginvestasikan US$50 juta dalam kemitraan dengan badan kesehatan masyarakat untuk membantu mendapatkan informasi tentang vaksin kepada masyarakat yang kurang terlayani.

"Upaya kami akan sangat fokus pada akses yang adil ke vaksin. Data awal di AS menunjukkan bahwa populasi yang terpengaruh secara tidak proporsional, terutama orang kulit berwarna dan orang-orang di komunitas predesaan, tidak mendapatkan akses ke vaksin pada tingkat yang sama seperti kelompok lain," kata Pichai.

Google memberi US$5 juta dalam bentuk hibah kepada sejumlah organisasi, seperti Satcher Health Leadership Institute milik Morehouse School of Medicine, yang berfokus menangani perbedaan ras dan geografis dalam akses vaksin.

Google juga memperluas panel informasi vaksin dalam hasil penelusurannya dan akan mulai menampilkan informasi distribusi vaksin ke negara bagian dan regional AS dalam penelusuran tersebut sehingga orang dapat memeriksa kapan mereka memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

Google mulai meluncurkan panel informasi vaksin dalam pencarian bulan lalu di Inggris, menurut The Verge, mencantumkan informasi untuk vaksin mandiri. Panel tersebut serupa dengan panel info yang digunakan untuk membagikan fakta tentang Covid-19 dan lokasi pusat tes Covid-19.

Google mengatakan penelusuran untuk "vaksin di dekat saya" telah meningkat lima kali lipat sejak awal tahun. Dalam beberapa pekan mendatang, lokasi vaksinasi untuk Covid-19 akan tersedia dalam pencarian dan Maps untuk wilayah Arizona, Louisiana, Mississippi, dan Texas, dan lebih banyak negara akan segera ditambahkan.

Hasil penelusuran akan menyertakan detail tentang apakah membuat janji terlebih dahulu atau rujukan dari dokter diperlukan dan apakah ada opsi drive-thru atau akses vaksin dibatasi hanya untuk orang-orang tertentu.

Google mengatakan bahwa mereka sedang bekerja dengan VaccineFinder.org, lembaga pemerintah, apotek ritel, dan sumber otoritatif lainnya untuk mengumpulkan data di situs vaksinasi.

"Memberi vaksin kepada miliaran orang tidak akan mudah, tetapi ini adalah salah satu masalah terpenting yang akan kita selesaikan dalam hidup kita," ujar Pichai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper