Android akan Hadirkan Fitur Hibernasi Aplikasi

Rezha Hadyan
Selasa, 19 Januari 2021 | 09:54 WIB
Android
Android
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fitur baru yang mampu mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan akan dihadirkan bagi pengguna sistem operasi Android.

Melansir GSM Arena pada Selasa (19/1/2021), tim di Android Open Source Project dilaporkan sedang mengerjakan fitur "hibernasi" untuk mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan.

Fitur yang satu ini kemungkinan masih dalam tahap pengembangan awal. Kuat dugaan fitur tersebut akan dihadirkan dalam Android 12.

Belum ada tanggal rilis resmi untuk Android 12, tetapi melihat pendahulunya, pratinjau Android 11 keluar pada Februari 2020.

Ketika satu pengguna pada perangkat multi-pengguna memilih untuk menghibernasi sebuah aplikasi, cache aplikasi yang terkait dengan pengguna tersebut akan dihapus, sehingga mengosongkan ruang memori.

Blum diketahui bagaimana fitur tersebut bekerja ketika semua pengguna perangkat Android menghibernasi aplikasi, terutama karena sebagian besar perangkat hanya memiliki pengaturan untuk satu pengguna.

Sesuai dengan namanya, tampaknya aplikasi tidak akan dihapus secara permanen, tetapi mungkin ada cara untuk mengompres aplikasi sehingga menghemat ruang. Jika pengguna ingin membangunkan aplikasi dari hibernasi, maka aplikasi tidak akan dikompresi.

Selain itu, fitur hibernasi ini tampaknya sama sekali tidak terkait dengan fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi, yang berfungsi untuk menjeda aplikasi mirip dengan fitur bawaan Android untuk mengistirahatkan aplikasi, Doze state.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper