Ada yang Beda Nih di Turnamen Esports Free Fire Master League (FFML) Season III

Rezha Hadyan
Jumat, 15 Januari 2021 | 20:19 WIB
Free Fire Master League (FFML) III diharapkan data dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah kemampuan dan bakatnya lebih baik lagi./ilustrasi
Free Fire Master League (FFML) III diharapkan data dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah kemampuan dan bakatnya lebih baik lagi./ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Garena secara resmi membuka penyelenggara turnamen esport Free Fire Master League (FFML) Season III dengan total hadiah uang tunai hingga Rp1,5 miliar.

Berbeda dengan FFML Season I dan Season II, FFML Season III hadir dalam dua divisi, yakni Divisi I dan Divisi II. Divisi II disiapkan untuk mengakomodasi  pemain atau tim esport amatir yang ingin berpartisipasi secara langsung dalam turnamen tersebut.

Direktur Garena Indonesia Hans Saleh mengatakan kehadiran FFML III diharapkan data dapat menginspirasi talenta baru di dunia esports untuk mengasah kemampuan dan bakatnya lebih baik lagi. Oleh karena itu, turnamen FFML III dirancang tak hanya ditujukan pada pemain atau tim profesional (pro-player), tetapi juga menjadi wadah persiapan kompetisi esports bagi para talenta baru sebelum naik ke tingkatan yang lebih tinggi.

"Lewat skema dua divisi nasional, dukungan pendanaan bagi tim maupun sistem turnamen berjenjang dan berkelanjutan yang kami susun, Garena berkomitmen terus mendukung ekosistem esports sebagai olahraga prestasi di Indonesia, sekaligus menjadi kebanggaan merah putih di ajang global,” katanya dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Jumat (15/1/2021).

Lebih lanjut, Hans mengungkapkan khusus Divisi 1, Garena akan berikan dukungan konkret senilai 8,6 Miliar Rupiah di tahun 2021 untuk 18 tim pemain esports yang bertanding pada FFML Season III sebagai insentif pembinaan. Sedangkan Divisi II dihadirkan untuk menjadi jenjang kompetitif di Indonesia bagi para talenta-talenta baru untuk terjun ke dunia atlet profesional.

Secara total untuk Divisi 1 dan Divisi 2, Garena mempersiapkan total hadiah sebesar Rp1,5 Miliar untuk pemenang FFML Season III.

Pada kesempatan yang sama,  Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya berharap FFML Season III mampu memunculkan bibit-bibit atlet unggul yang dapat mengharumkan nama bangsa. Menurutnya, selama ini Garena telah banyak berpartisipasi dalam pengembangan industri esports tanah air, khususnya  pembinaan atlet.

Beberapa diantaranya Youth National Esports Championship 2019 dengan Piala Menpora, kemudian Piala Presiden Esports 2020 dan baru saja bersama-sama Kemenpora, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports, menyelenggarakan Piala KONI Esports 2020 dan Piala Pelajar 2020.

"Ini sejalan dengan kebijakan Kemenpora tahun 2020-2024 untuk pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan,” tegasnya.

Pertandingan FFML Season III akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 19.00 - 22.00 WIB sejak tanggal 16 Januari - 27 Februari untuk Divisi 1 dan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 19.00 - 22.00 WIB sejak tanggal 13 Januari - 18 Februari untuk Divisi 2. Informasi selengkapnya mengenai jadwal, rekap, dan hasil pertandingan, dapat diakses di website resmi Turnamen Garena Free Fire.

Survivors (sebutan untuk pemain Free Fire) yang ingin menonton serunya pertandingan dapat menyaksikan Live Streaming di akun resmi YouTube dan Facebook Live Free Fire Esports Indonesia.

Sebagai catatan, Free Fire adalah gim survival dengan genre battle royal dimana terdapat 50 pemain yang terdampar di sebuah pulau terpencil, dan saling menjatuhkan satu sama lain. Gim yang dikembangkan dan dirilis oleh Garena ini tersedia di platform iOS dan Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper