Signal Sebut Aplikasinya Lebih Unggul dari WhatsApp

Akbar Evandio
Kamis, 14 Januari 2021 | 14:50 WIB
Tampilan aplikasi Signal/ Bloomberg
Tampilan aplikasi Signal/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi layanan pesan digital, Signal mengukuhkan diri sebagai platform yang unggul di sisi privasi data.

Dikutip melalui NDTV, Co-founder Signal Brian Acton mengatakan bahwa platform mereka memiliki keunggulan soal privasi data. Bahkan, di atas aplikasi WhatsApp.

"Saya rasa Signal benar-benar unggul di atas WhatsApp di kategori privasi. Kalian melihatnya di 'label privasi' aplikasi. Kami memiliki fitur privasi seperti 'disappearing messages' [dan] semua terenkripsi, termasuk metadata kalian [pengguna]," katanya seperti dikutip Bisnis, Kamis (14/1/2021).

Sekedar catatan, Acton sempat menjadi figur yang turut mendirikan WhatsApp, hingga akhirnya dirinya pindah karena perbedaan prinsip.

Dia melanjutkan, dari segi fitur Signal dan WhatsApp memiliki sedikit kesamaan, misalnya fitur hapus pesan otomatis atau disappearing messages.

Namun, Acton mengatakan Signal menawarkan keamanan yang jauh berbeda dari WhatsApp dalam bentuk enkripsi total. Enkripsi ini juga mencakup metadata, atau informasi yang membantu server mengidentifikasi banyak data termasuk tempat dan waktu pesan dikirimkan.

Dengan perlindungan enkripsi ini, jika pesan pengguna dibobol, hacker hanya akan melihat deretan angka acak. WhatsApp sebenarnya juga menawarkan enkripsi end-to-end, tapi mereka masih mengumpulkan beberapa data pengguna seperti alamat IP.

Untuk kedepannya, Acton mengatakan Signal akan berusaha menambahkan lapisan perlindungan tambahan dengan menghubungkan akun dengan ID pengguna dan bukan nomor telepon agar tidak ada data yang dikumpulkan.

"Ini memberikan kalian lapisan privasi lainnya, dan salah satu fitur yang paling sering diminta. Jadi kami akan melihat apakah akan kami buat," kata Acton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper