Cisco Umbrella: Serangan Siber Naik 40 Persen, Ransomware Paling Sering

Akbar Evandio
Rabu, 13 Januari 2021 | 19:21 WIB
Ilustrasi virus Wannacry Ransomware menyerang perangkat lunak komputer di berbagai negara/Istimewa
Ilustrasi virus Wannacry Ransomware menyerang perangkat lunak komputer di berbagai negara/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cisco Umbrella, aplikasi komputasi awan, mencatat terjadi peningkatan sebesar 40 persen serangan siber pada 2020.

Berdasarkan pada hasil survei Cisco terhadap lebih dari 4.800 praktisi IT dan keamanan siber yang dilakukan di 25 negara dari berbagai macam industri, salah satu tipe serangan siber yang paling sering menyerang perusahaan atau bisnis kecil adalah ransomware.

Dikutip melalui rilis resminya, banyak perusahaan dan bisnis kecil yang dipaksa membayarkan sejumlah uang untuk bisa mendapatkan kembali akses ke berkas penting atau sistem komputer mereka.

Hasil studi Cisco mengatakan bahwa salah satu akses atau jalur masuk ransomware paling sering adalah melalui port DNS (Domain Name System).

“Sayangnya, masih banyak orang dan perusahaan yang hanya bergantung kepada perlindungan firewall yang tidak memonitor isi DNS traffic sehingga seringkali mengalami kebobolan,” tulis Cisco lewat rilisnya, Rabu (13/1/2021).

Lebih lanjut, Cisco menyebutkan bahwa ransomware merupakan serangan siber yang bisa masuk dengan mudah tanpa terdeksi sebagai suatu perangkat lunak dan mampu menyandera berkas penting atau akses ke sistem komputer.

Melihat fenomena tersebut, Cisco memprediksi banyak perusahaan dan perseorangan yang mencari cara untuk memperkuat keamanan siber mereka.

Untuk diketahui, keamanan siber adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital.

Serangan-serangan ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif memeras uang dari korban atau mengganggu proses bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper