Pakar Siber: Keamanan Data Kesehatan Pemerintah Sulit Dibobol

Akbar Evandio
Selasa, 12 Januari 2021 | 17:45 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah dinilai sudah memiliki peta jalan yang cukup baik dalam mengantisipasi keamanan data kesehatan masyarakat.

Pengamat keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan aplikasi PeduliLindungi memiliki kemampuan agar terjaga dari peretas yang ingin melakukan serangan siber.

“Data mereka tidak mudah terbuka dan tidak mudah diserang. Kalau bocor saya tidak melihat risiko terlalu tinggi kecuali mengandung data pribadi yang krusial seperti riwayat penyakit,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (12/1/2021).

Lebih lanjut, Alfons mengamini ada upaya serangan siber terhadap data distribusi vaksin. Menurutnya, pemerintah cukup menjaga data dengan melakukan pembaruan sistem operasi dan aplikasi sehingga sulit dieksploitasi.

“Jangan lupa backup [cadangkan] dengan pelindungan tambahan sehingga kebal dari ancaman serangan siber, seperti ransomware. Serangan siber yang perlu dikhawatirkan masih tetap ransomware yang berisiko mengganggu operasional rumah sakit dan lembaga kesehatan,” katanya.

Namun, dia mengatakan bahwa lain cerita jika peretas mampu mengubah data penerima vaksin yang ada di dalam pangkalan data pemerintah.

“Kecuali ada hacker jago yang mampu mengubah data penerima vaksin dan ini yang akan berakibat kekacauan. Ini yang kelihatannya menjadi perhatian dan fokus pemerintah saat ini,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini proteksi yang terbaik adalah menjaga data dari penyimpangan, sehingga tidak disalahgunakan untuk dijual ke pasar bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper