Ini Tips Aman dari Serangan Siber saat Bekerja dari Rumah

Akbar Evandio
Rabu, 6 Januari 2021 | 15:49 WIB
Ilustrasi/youtube
Ilustrasi/youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan global dalam bidang telekomunikasi, Cisco menemukan terdapat ancaman siber yang mengintai selama bekerja dari rumah.

Melalui laporannya yang berjudul Future of Secure Remote Work, Cisco melakukan survei terhadap 3.000 pengambil keputusan teknologi dan informasi di perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga besar dari 21 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Responden di Indonesia mengatakan bahwa privasi data, keamanan akses, dan perlindungan dari malware merupakan tiga tantangan utama yang dihadapi selama bekerja dari rumah.

Selain itu, kekhawatiran akan perlindungan akses laptop atau komputer kantor, aplikasi berbasis teknologi cloud, informasi pelanggan, dan perangkat pribadi juga menjadi sorotan utama.

Menanggapi hal tersebut, melalui rilisnya Cisco membagikan tiga tips aman bekerja dari rumah selama pandemi yang bisa dilakukan perusahaan dan juga perseorangan guna menjawab tantangan saat ini.

1. Mengaktifkan Pengaturan Verifikasi Identitas Pengguna

Jika, password tertebak atau diketahui oleh orang lain, maka sulit untuk mencegah akses yang tidak sah (unauthorized access). Namun, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan pengaturan verifikasi identitas pengguna.

2. Mengakses Koneksi Internet yang Aman

Pastikan Anda mengakses koneksi internet yang aman. Karena saat Anda memakai jaringan WiFi publik, mungkin saja jaringan tersebut dienkripsi sehingga siapapun yang ada di jaringan tersebut bisa memantau aktivitas Anda di internet.

Hal ini akan sangat berbahaya jika Anda melakukan akses ke informasi sensitif yang dimiliki oleh perusahaan karena itu berarti siapapun bisa mengaksesnya. 

3. Kunjungi Situs-Situs Internet yang Terpercaya

Perlu diingat bahwa tidak semua situs yang Anda kunjungi di internet aman. Ada banyak situs berbahaya yang dapat menyebarkan malware ke perangkat, mencuri informasi pribadi bahkan meretas akun email Anda.

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda melindungi diri dari ancaman siber malware.

4. Mencari layanan keamanan siber

Cisco pun memperkenalkan teknopedia.co.id, sebuah situs di mana konsumen bisa mencari berbagai macam produk dan layanan keamanan siber paling mutakhir untuk keperluan aktivitas harian dan bisnis. Pasalnya, situasi pandemi menumbuhkan kebutuhan internet yang harus dibarengi kesadaran keamanan siber yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper