Serangan Siber ke Indonesia Bakal Bervariasi Tahun Depan

Akbar Evandio
Rabu, 30 Desember 2020 | 15:24 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring pandemi Covid-19 yang masih dihadapi hingga tahun mendatang, Indonesia perlu sigap untuk mengantisipasi ragam serangan siber yang diperkirakan makin bervariasi pada 2021.

Pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa untuk Indonesia serangan siber akan selalu meningkat, hal ini sejalan dengan penetrasi kehidupan digital yang makin tinggi dan di multiplikasi oleh Covid-19.

“Penetrasi kehidupan digital saat ini mulai merambah ke masyarakat yang sebelumnya kurang dapat beradaptasi dengan dunia digital, tetapi mau tidak mau harus menggunakan layanan digital karena tidak ada pilihan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (30/12/2020).

Dia melanjutkan bahwa saat ini layanan digital sudah menjadi kebutuhan utama. Kontinuitas layanan digital ini yang selalu harus dijaga karena produktivitas masyarakat dan ekonomi digital sangat bergantung pada teknologi.

Alfons pun mengimbau bahwa untuk keamanan digital secara khusus ada baiknya perusahaan dan pengguna jasa sekuriti menyesuaikan perlindungan dan mulai mengadopsi layanan komputasi awan, karena terbukti efektif dalam menjaga keamanan dan lebih handal serta efisien.

Dia memprediksi bahwa jika Indonesia tidak sigap untuk mengantisipasi serangan siber pada 2021, terdapat kerugian yang didasarkan pada banyak pertimbangan, salah satunya adalah kerugian atas hambatan operasional organisasi yang mengalami serangan siber.

“Salah satu hubungannya dengan investasi, pemerintah dapat memberikan kepastian hukum, perlindungan dan ketegasan pada pelanggaran hukum di ranah siber. Kemampuan aparat negara dalam menyikapi perkembangan siber ini sangat penting karena perkembangan ancaman siber selalu jauh mendahului perangkat hukum,” kata Alfons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper