Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serangan Siber ke Indonesia Bakal Bervariasi Tahun Depan

Serangan siber yang melanda Indonesia diprediksi bakal semakin bervariasi pada tahun depan seiring dengan penetrasi kehidupan digital usai pandemi Covid-19.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Desember 2020  |  15:24 WIB
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring pandemi Covid-19 yang masih dihadapi hingga tahun mendatang, Indonesia perlu sigap untuk mengantisipasi ragam serangan siber yang diperkirakan makin bervariasi pada 2021.

Pengamat keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan bahwa untuk Indonesia serangan siber akan selalu meningkat, hal ini sejalan dengan penetrasi kehidupan digital yang makin tinggi dan di multiplikasi oleh Covid-19.

“Penetrasi kehidupan digital saat ini mulai merambah ke masyarakat yang sebelumnya kurang dapat beradaptasi dengan dunia digital, tetapi mau tidak mau harus menggunakan layanan digital karena tidak ada pilihan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (30/12/2020).

Dia melanjutkan bahwa saat ini layanan digital sudah menjadi kebutuhan utama. Kontinuitas layanan digital ini yang selalu harus dijaga karena produktivitas masyarakat dan ekonomi digital sangat bergantung pada teknologi.

Alfons pun mengimbau bahwa untuk keamanan digital secara khusus ada baiknya perusahaan dan pengguna jasa sekuriti menyesuaikan perlindungan dan mulai mengadopsi layanan komputasi awan, karena terbukti efektif dalam menjaga keamanan dan lebih handal serta efisien.

Dia memprediksi bahwa jika Indonesia tidak sigap untuk mengantisipasi serangan siber pada 2021, terdapat kerugian yang didasarkan pada banyak pertimbangan, salah satunya adalah kerugian atas hambatan operasional organisasi yang mengalami serangan siber.

“Salah satu hubungannya dengan investasi, pemerintah dapat memberikan kepastian hukum, perlindungan dan ketegasan pada pelanggaran hukum di ranah siber. Kemampuan aparat negara dalam menyikapi perkembangan siber ini sangat penting karena perkembangan ancaman siber selalu jauh mendahului perangkat hukum,” kata Alfons.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi serangan siber
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top