Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pakai Frekuensi 2,3 GHz, Smartfren Masih Kaji Manfaat 5G

Smartfren masih melakukan kajian terhadap jaringan 5G yang akan diselenggarakan menggunakan frekuensi 2,3 GHz.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  20:28 WIB
Model memperlihatkan Kartu Perdana BosKu (Bonus Kuota) saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (26/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Model memperlihatkan Kartu Perdana BosKu (Bonus Kuota) saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (26/3/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) menilai bahwa kehadiran 5G dapat menjadi pengubah permainan di industri telekomunikasi. Adapun untuk di pita 2,3 GHz, dengan jumlah spektrum yang lebih ramping, perseroan masih mengkaji dampaknya terhadap persaingan di industri.

President Director Smartfren, Merza Fachys mengatakan bahwa implementasi 5G di Indonesia bisa menjadi game changer di industri telekomunikasi.

Fungsi 5G bukan sekedar membuat pelanggan mendapat internet yang lebih cepat ketika nonton film, tetapi terkait dengan hal yang lebih besar bagi masyarakat dan industri. Adapun, untuk penggelaran 5G pertama di Tanah Air, yang diharapkan terjadi pada tahun depan, Smartfren masih mengkaji manfaatnya.

“Untuk 2,3 GHz sendiri kami masih harus finalisasi kajiannya, sehingga belum bisa menyampaikan lebih lanjut,” kata Merza kepada Bisnis.com, Minggu (27/12/2020).

Meski demikian, sambungnya, Smartfren telah sukses melakukan uji coba 5G di pusat produksi minyak di Marunda. Kecepatan yang dihasilkan saat itu mencapai 8,7 Gbps di perangkat pemakai.

Uji coba digelar di tempat pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di daerah terbatas dengan teknik virtual reality (VR) serta pesawat nirawak.

Merza menjelaskan bahwa 5G juga bermanfaat untuk membantu dalam sejumlah misi penting dalam industri seperti digitalisasi manufaktur, digitalisasi produksi, operasi jarak jauh, hingga kereta cepat.

“5G merupakan game changer yang harus kami evaluasi dan ulas detail. Dari 4G ke 5G bukan sekadar mempercepat koneksi internet, tetapi banyak misi lain yang kami harapkan akan jadi satu layanan yang bermanfaat besar untuk masyarakat,” kata Merza.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi teknologi 5G
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top