Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membersihkan Laptop Selama Pandemi

Anda mungkin khawatir tentang virus dan bakteri, termasuk virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar orang mendisinfeksi "permukaan dengan sentuhan tinggi".
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  12:58 WIB
Ilustrasi Razer Blade Stealth 13. - www.razer.com
Ilustrasi Razer Blade Stealth 13. - www.razer.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat hampir semua jenis pekerjaan dilakukan di rumah, termasuk bekerja di depan laptop. Di situasi seperti ini memungkinan layar komputer Anda sedikit berdebu.

Debu adalah masalah utama sebab dapat menutupi layar komputer atau monitor dan tentunya itu mengganggu warna atau tingkat kecerahan layar.

Bukan hanya itu, Anda mungkin khawatir tentang virus dan bakteri, termasuk virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar orang mendisinfeksi "permukaan dengan sentuhan tinggi".

Carolyn Forte Direktur dari Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, mengatakan bahwa orang-orang harus menghindari Windex atau pembersih kaca lainnya.

Forte mengatakan menggunakan kain mikrofiber sebelum dan setelah Anda membersihkan layar laptop adalah cara yang tepat untuk menghilangkan goresan. Dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut cara membersihkan laptop yang aman:

1. Matikan laptop
Selain dalam keadaan mati, pastikan Anda untuk mencabut laptop dari sumber listrik. Aliran listrik yang mengalir ke laptop dapat membahayakan Anda.

2. Gunakan kain mikrofiber
Mikrofiber berguna untuk menyeka layar Anda, mulai dari membersihkan debu, lecet, dan sidik jari.

3. Lap disinfektan
Peras lap desinfektan cairan Lysol, kemudian usap layar laptop satu kali, berhati-hatilah agar tidak menyentuh celah apa pun, termasuk port atau speaker.

4. Biarkan layar Anda mengering dengan sendirinya
Jika muncul goresan, Forte menjelaskan bahwa Anda harus mengelap layar laptop sekali lagi dengan kain mikrofiber, karena gesekan ekstra ini dapat membantu menghilangkan lebih banyak kuman serta menghaluskan setiap goresan.

Forte menjelaskan Anda tidak perlu menggunakan sabun dan air untuk membersihkan layar LCD. Beberapa jenis sabun mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat mempengaruhi layar LCD Anda.

Bahkan Forte menjelaskan kain mikrofiber kering akan bekerja lebih baik daripada sabun dalam mengangkat dan menghilangkan kuman. Kain mikrofiber dibuat dengan serat khusus yang memiliki lebih banyak area permukaan untuk mengangkat kotoran dan kuman.

Meskipun kain mikrofiber kering tidak mendisinfeksi layar LCD, hal ini tidak akan membahayakan kerusakan permanen yang ditimbulkan oleh pembersih.

Sementara Forte mengatakan Anda tidak perlu khawatir untuk membersihkan keyboard dengan alkohol setelah Anda membersihkan layar laptop.

Keyboard dibuat dengan tuts plastik yang tidak berpori, dan Forte menjelaskan bahwa keyboard tidak boleh terpengaruh oleh alkohol. Maka, Anda harus berhati-hati dan memastikan cairan atau air tidak merembes ke dalam keyboard.

Sama seperti saat membersihkan layar, Anda memulai dengan kain mikrofiber. Anda harus membersihkan kotoran, debu, atau partikel yang bersarang di keyboard.

Forte dan ahli Apple merekomendasikan untuk memegang laptop pada sudut 75 derajat. Kemudian celupkan kain mikrofiber atau kapas ke alkohol isopropil, atau alkohol gosok, untuk membersihkan area keyboard.

Kemudian Anda harus menyeka bagian atas dan biarkan hingga mengering sendiri. Jika tombol Anda tidak menonjol secara mencolok, Anda dapat menggunakan Q-Tip daripada kain atau kapas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

laptop
Editor : Lukas Hendra TM

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top