Ini Strategi Alibaba Cloud Sasar UKM agar Mengadaptasi Hybrid Cloud

Akbar Evandio
Kamis, 17 Desember 2020 | 17:13 WIB
Alibaba/alibabagroup.com
Alibaba/alibabagroup.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan komputasi awan asal China, Alibaba Cloud, pada 2021 akan menggencarkan strategi Hybrid Cloud Partner Program untuk menggaungkan keandalan produknya.

Country Manager Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen mengatakan bahwa program tersebut ditujukan agar perusahaan di Indonesia, terutama dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) dapat memanfaatkan layanan penyimpanan lokal yang terintegrasi dengan public cloud.

“Kami menghadirkan [untuk UKM], Hybrid Backup Recovery [HBR], yakni solusi penyimpanan yang menghemat waktu serta biaya, berbentuk server fisik, dan terintegrasi dengan public cloud yang elastis, terskala, dan fleksibel,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (17/12/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa untuk HBR dapat menjembatani server lokal dengan public cloud secara aman serta penggunaan jaringan yang efisien.

“Teknologi ini dilengkapi sumber daya ganda, network port, dan hot backup disc ini memastikan pengoperasian yang aman serta stabil bagi pelanggan tanpa perlu daya komputasi tambahan,” katanya.

Dia pun melanjutkan alasan dari perusahaan memboyong produk tersebut karena optimisme mereka akan tren kebutuhan hybrid cloud di Indonesia semakin masif seiring dengan tuntutan perusahaan dalam melakukan transformasi digital.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa perusahaan juga ingin mengenalkan hybrid cloud storage array (HCSA), yakni sistem penyimpanan level enterprise yang terintegrasi dengan layanan Alibaba Cloud.

Leon berharap dengan layanan ini, pelanggan bisa menggabungkan penyimpanan lokal dengan penyimpanan di public cloud yang elastis, terskala, dan memiliki kapasitas tidak terbatas sehingga menciptakan sistem kerja yang mulus dan pengoperasian yang lebih mudah.

“HCSA menyediakan ragam mode hybrid cloud seperti cloud caching, replikasi, tiering, dan snapshot serta didesain khusus untuk memastikan sistem pengoperasian berjalan tanpa hambatan.”

Dia pun berharap supaya HCSA dapat mempermudah para pelanggan, khususnya UKM untuk mengelola dan menggabungkan data antarberbagai divisi, mengintegrasikan berbagai tipe file, serta menghubungkan server lokal ke public cloud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper