Google Sempat Down, Sejumlah Aplikasi Tidak Dapat Diakses

Nyoman Ary Wahyudi
Senin, 14 Desember 2020 | 20:05 WIB
Kantor Google di Jakarta, Indonesia. JIBI/BISNIS/Syaiful Milah
Kantor Google di Jakarta, Indonesia. JIBI/BISNIS/Syaiful Milah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi Google termasuk YouTube, email dan Docs mengalami gangguan, pengguna tidak dapat mengakses laman layanan terkait.

Dilansir dari BBC, gangguan itu dilacak pada pagi hari waktu Inggris Raya, situs Google mengembalikan kesalahan server saat dikunjungi oleh warganet.

Atas temuan itu, pengguna di seluruh dunia dilaporkan mengalami gangguan yang sama dengan dengan Gmail, Google Drive, Android Play Store dan Maps.

Kendati demikian, mesin pencari Google, tidak terpengaruh oleh masalah yang mempengaruhi layanan lainnya.

Meskipun sistem yang lumpuh itu meluas, dasbor layanan Google awalnya tidak menunjukkan gangguan, sebelum beralih ke status merah di semua layanan. 

"Kami mengetahui adanya masalah dengan Gmail yang mempengaruhi sebagian besar pengguna. Pengguna yang terpengaruh tidak dapat mengakses Gmail," bunyi sebuah pernyataan, dengan kata "Gmail" diganti dengan layanan lain.

Google telah dihubungi untuk dimintai komentar, tetapi seorang juru bicara mengatakan mereka tidak dapat mengakses email mereka.

Layanan video Youtube down, menurut laporan sejumlah penggunanya.

Bahkan, tagar Youtubedown juga menjadi trending topic di Twitter. Sekitar lebih dari 25.000 pengguna Twitter mencuit soal Youtube down tersebut. 

Menurut website downdetector, Youtube down terjadi sejak siang tadi. Sebanyak 85.115 pengguna youtube telah melaporkan masalah dalam akunnya.

Adapun, masalah yang terbanyak dikeluhkan adalah website tidak bisa diakses sebanyak 49 persen, tidak bisa menonton video sebanyak 45 persen dan keluhan lainnya sebanyak 4 persen.

Menurut penelusuran Bisnis, ketika membuka kanal Youtube yang muncul adalah keterangan offline seperti halnya ketika gadget tidak memiliki jaringan internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper