Monolit Logam di Bukit Rumania Menghilang Misterius

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Desember 2020 | 07:28 WIB
Monolit
Monolit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Monolit logam mengkilap yang baru-baru ini muncul di puncak bukit Rumania menghilang secara misterius tanpa diketahui penyebabnya.

Bangunan setinggi sembilan kaki itu "menghilang dalam semalam seperti halnya saat muncul pekan lalu. Demikian dilansir dari Insider.

Sekarang yang tersisa hanyalah lubang kecil yang tertutup tanah berbatu.

Tidak ada yang tahu dari mana asalnya, atau siapa yang meletakkannya di dekat kota Piatra Neamt empat hari yang lalu, tetapi bangunan itu muncul pada hari yang sama ketika sebuah monolit kembar menghilang dari gurun Utah.

Asal usul dan hilangnya kedua monolit tersebut tetap menjadi misteri, meskipun teori terkemuka yang dilaporkan oleh New York Times menunjukkan bahwa struktur Utah adalah karya seniman AS John McCracken.

Monolit Utah hidup di gurun selama bertahun-tahun, tetapi monolit Rumania memiliki umur yang jauh lebih pendek,

Monolit kembar itu memiliki beberapa perbedaan. Yakni, monolit Rumania sebagian besar tercakup dalam lingkaran yang saling berhubungan, sedangkan monolit Utah tampak mulus. Keduanya tampak mirip dengan lempengan raksasa dari adegan ikonik dalam film Stanley Kubrick tahun 1968, "2001: A Space Odyssey."

Tidak jelas kapan monolit di Rumania muncul, meskipun outlet berita lokal melaporkan penemuan itu pada Jumat, 27 November.

Data Google Earth menemukan bahwa monolit Utah muncul antara Agustus 2015 dan Oktober 2016, meskipun anggota Divisi Sumber Daya Satwa Liar Utah melaporkan penemuan lempengan itu pada 18 November.

Tidak ada indikasi jelas siapa yang meninggalkan monolit tersebut. Pejabat negara bagian Utah mengolok-olok gagasan bahwa alien meninggalkan struktur.

"Adalah ilegal untuk memasang bangunan atau karya seni tanpa izin di lahan publik yang dikelola pemerintah federal, tidak peduli dari planet mana Anda berasal," kata divisi itu dalam sebuah pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper