Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asosiasi Ungkap Tantangan Komputasi Awan di Indonesia

Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI) menyebutan beberapa tantangan yang dihadapi bisnis komputasi awan di Indonesia pada tahun depan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  10:58 WIB
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna.  - Telkomsigma
Portal Cloud berisi layanan-layanan IaaS, SaaS, dan PaaS yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari pengguna. - Telkomsigma

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI) menilai masih banyak tantangan yang perlu diantisipasi untuk melancarkan adopsi komputasi awan pada 2021.

Ketua Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI) Rendy Maulana Akbar mengatakan bahwa salah satu tantangan pada 2021 adalah kenaikan pola pengguna awan, tetapi pasokan perangkat keras (supply hardware) untuk membangun awan sempat mengalami keterbatasan.

“Ada keterbatasan akibat pandemi Covid-19 sehingga harus import. Semoga supply hardware pada 2021 bisa lebih baik, dan juga teknologi membuat harga produk menjadi lebih murah,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (2/12/2020).

Rendy menyebutkan bahwa hampir semua sektor akan terkoneksi dengan cloud pada, mulai dari usaha kecil dan menengah (UKM) hingga korporat. Pasalnya, setiap pelaku usaha mulai merambah aplikasi yang digunakan mulai dari ponsel, point of sales, semua terhubung dengan cloud.

“Keuntungannya mereka [pelaku usaha] lebih cepat untuk scale up dan juga monitoring [bisnis]nya,” ujarnya.

Namun, dia mengimbau agar penyedia awan turut bersiap untuk menghadapi peningkatan adopsi awan ke depan, salah satunya dengan memperbanyak zona baru untuk lokasi server.

“Hal ini perlu dilakukan agar semakin dekat routing-nya dengan pengguna, sehingga latency tidak menjadi kendala,” kata Rendy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi cloud computing
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top