Asteroid Raksasa Berpotensi Berbahaya Dekati Bumi Pekan Ini

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 2 Desember 2020 | 17:09 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Badan Antariksa NASA mengumumkan adanya batu luar angkasa atau asteroid sebesar 820 kaki atau 250 meter yang 'berpotensi berbahaya' terbang melewati bumi pekan ini.

Ukuran itu, hampir tiga perempat tinggi Menara Eiffel yang ikonik.

Meski berpotensi berbahaya, pelacak ASTEROID di NASA telah mengungkapkan batu luar angkasa raksasa bernama 2020 WD5 itu, aman melakukan "pendekatan Bumi dekat" Kamis ini.

Asteroid Dekat Bumi (NEA) ini sekarang juga diketahui meluncur ke arah Bumi dengan kecepatan mencapai 30,43 km / detik - setara dengan 68.000 mph.

Asteroid tersebut diperkirakan akan melakukan pendekatan terdekatnya dengan dunia kita pada hari Kamis, pada pukul 9.27 malam GMT (16.27 ET).

Pada titik terdekatnya dengan Bumi, 2020 WD5 akan berada sekitar 0,04258 Unit Astronomi (AU) atau 3.900.000 mil (6.000.000 km) dari permukaan planet.

Badan Antariksa Eropa (ESA) belum menambahkan asteroid itu sebagai salah ke Daftar Risikonya, meskipun batuan antariksa tersebut masih dalam pengawasan ketat.

Database Laboratorium Propulsi Jet NASA juga mengungkapkan bagaimana NEA pertama kali ditemukan oleh pelacak asteroid pada 18 November tahun ini.

?WD5 2020 dikategorikan sebagai Apollo NEA, yang berarti batuan luar angkasa mengikuti orbit yang sesekali melintasi planet kita.

Selain WD5 2020, diperkirakan ada tiga batu luar angkasa lainnya juga akan dekati bumi.

Pertama, asteroid VZ6 2020. Data badan antariksa menunjukkan bahwa asteroid ini akan melakukan pendekatan terdekat dari mereka semua hari ini, dengan aman melewati Bumi pada 0,00232 AU (215.657 mil).

2020 WB4 adalah batuan luar angkasa berikutnya dalam daftar NEO, dan ini adalah asteroid terkecil saat ini, diperkirakan hanya berukuran 13m.

Ukuran yang relatif kecil ini hampir menjadi ukuran terkecil yang dapat dilihat oleh para ahli asteroid dengan teknologi terkini. Bahkan jika sebuah asteroid sebesar ini berada di jalur tabrakan dengan Bumi, ia akan dengan aman terbakar di atmosfer jauh sebelum menghantam tanah.

Asteroid terakhir hari itu diidentifikasi sebagai WP 2020 oleh NASA.

?Batuan ini meluncur di luar angkasa dengan kecepatan luar biasa mendekati 11,35km / s atau 24.897mph.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper