Sony Konfirmasi Kehadiran Variable Refresh Rate di PlayStation 5

Rezha Hadyan
Selasa, 24 November 2020 | 09:51 WIB
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sony telah mengonfirmasi bahwa fitur kecepatan refresh variabel (variable refresh rate/VRR) belum didukung pada konsol Playstation 5 barunya.

Walaupun demikian, perusahaan asal Jepang itu juga menyebut bahwa fitur tersebut akan dihadirkan di kemudian hari. Tentunya itu terdengar aneh karena PlayStation 5 memiliki HDMI 2.1, yang mendukung VRR secara default.

Selain itu, pesaing PlayStation 5 besutan Microsoft, Xbox Series X, Series S dan One X semuanya telah mendukung VRR.

Melansir GSM Arena pada Selasa (24/11/2020), Sony mengatakan bahwa fitur VRR untuk PlayStation 5 sedang dalam pengerjaan dan akan dihadirkan lewat pembaruan dalam waktu dekat.

Tentu saja, perlu diingat bahwa meskipun Anda memiliki PlayStation 5 dan Sony merilis pembaruan untuk mengaktifkan VRR, harus dipastikan juga apakah televisi yang digunakan memiliki dukungan HDMI 2.1 juga untuk mengaktifkan VRR.

VRR merupakan fitur yang dicari-cari oleh pengguna konsol gim dengan frekuensi gambar berkualitas tinggi, mengingat VRR memungkinkan televisi menyesuaikan kecepatan refresh secara langsung. Selain itu, manfaat lain dari VRR adalah bisa menghilangkan gambar bergerak yang patah-patah atau terputus di tengah permainan.

Sebagai contoh, perangkat keras baru dapat melakukan 120fps pada 1080p dan 4K. Tetapi beberapa game cenderung mengalami penurunan framerate sesekali sehingga VRR sedikit memperhalus pengalaman bermain game.

Sony dijadwalkan meluncurkan konsol andalannya yang menggunakan prosesor x86-64-AMD Ryzen ‘Zen 2’ itu di Indonesia pada 22 Januari 2021. PS5 Digital Edition akan dijual dengan harga Rp7,29 juta dan PS5 dengan drive disk Ultra HD Blu-ray akan tersedia dengan harga Rp8,79 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper