Ternyata, Ada Asteroid Catat Rekor Terdekat dengan Bumi pada Friday 13th

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 19 November 2020 | 07:51 WIB
Asteroid 2020 PM7
Asteroid 2020 PM7
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Misteri Friday 13th tahun 2020 ini, menjadi kian mencekam ketika ternyata diketahui ada asteroid yang mendekati bumi, dengan jarak rekor terdekat pada hari itu. Bahkan, keberadaannyapun tidak disadari oleh NASA.

Batuan luar angkasa dengan nama 2020 VT4 itu, memiliki jarak yang sangat dekat dengan planet kita pada hari Jumat 13. Meskipun tanggal tersebut dianggap tidak beruntung bagi sebagian orang, Bumi beruntung kali ini. Pengamatan menunjukkan bahwa asteroid terbang melewati planet kita pada jarak hanya 250 mil (400 kilometer).

Sebagai perbandingan, jarak Bulan rata-rata 238.855 mil dari Bumi. 

Para astronom melewatkan pendekatan terdekat pada 2020 VT4, dan survei Asteroid Terrestrial-impact Last Alert System (ATLAS) dan hanya melihatnya saat sedang dalam perjalanan menjauh dari planet kita. Penyebabnya, karena asteroid itu berada di 'titik buta' dalam istilah astronomi, yaitu dari arah Matahari.

Karena letaknya sangat dekat dengan planet kita, para astronom menyatakan bahwa tarikan gravitasi bumi mengubah orbit asteroid.

"Asteroid A10sHcN yang baru ditemukan mendekati Bumi kemarin, hanya melintas beberapa ratus mil di atas Samudra Pasifik Selatan. "Pertemuan ini memperpendek orbitnya, memastikan bahwa pelintas Bumi ini akan lebih sering mendekat." ujar Astronom Tony Dunn dilansir dari Express.

Asteroid itu hanya berukuran antara lima dan 10 meter, jadi meskipun bertabrakan dengan planet kita, ia akan terbakar di atmosfer.

Ini adalah rekor pendekatan terdekat untuk asteroid, mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat awal tahun ini. Sebelumnya, Asteroid 2020 QG, yang ukurannya kira-kira sama dengan mobil, datang hanya dalam jarak 2.000 mil dari planet kita pada 16 Agustus.

Meskipun kemungkinan asteroid besar menghantam Bumi kecil, NASA percaya ada satu dari 300.000 kemungkinan setiap tahun bahwa batu luar angkasa yang dapat menyebabkan kerusakan di muka bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper