Google Chrome Hadirkan Update Terbaru dengan Peningkatan Performa Signifikan

Rezha Hadyan
Rabu, 18 November 2020 | 13:58 WIB
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google telah menyatakan bahwa mereka akan mengakhiri 2020 dengan peningkatan kinerja peramban Google Chrome yang hadir lewat pembaruan November 2020.

Mengutip The Verge pada Rabu (18/11/2020), Direktur Produk Google Chrome Matt Waddell mengatakan bahwa pembaruan Google Chrome yang hadir bulan ini akan menghadirkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan pembaruan-pembaruan sebelumnya.

Waddell mengungkapkan akan ada banyak perubahan tersembunyi dan pengoptimalan telah mendorong peningkatan ke Chrome di beberapa hal.

Pertama, berkaitan dengan tab yang akan memprioritaskan tab aktif alih-alih keseluruhan tab yang ada di latar belakang dengan JavaScript. Hal tersebut diklaim dapat mengurangi penggunaan CPU hingga lima kali dan memperpanjang masa pakai baterai hingga 1,25 jam berdasarkan tolak ukur internal Google.

“Kami melakukan ini tanpa mengorbankan fitur latar belakang yang penting bagi pengguna, seperti memutar musik dan mendapatkan pemberitahuan.”

Dengan adanya pembaruan tersebut Google Chrome dapat meluncur 25 persen lebih cepat dan memuat halaman hingga 7 persen lebih cepat. Semuanya dilakukan dengan menggunakan lebih sedikit daya dan RAM daripada sebelumnya.

Google juga menambahkan pencarian tab yang mana pengguna dapat

dapat melihat daftar tab terbuka lalu mengetik dengan cepat untuk menemukan tab yang dibutuhkan. Fitur ini memulai debutnya di Chromebook terlebih dahulu, kemudian berkembang ke versi desktop Chrome lainnya.

Bilah alamat menjadi sedikit lebih berguna dengan sesuatu yang disebut Google sebagai Chrome Actions. Ini menjadi cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan sesuatu hanya dengan beberapa kali menekan tombol.

Misalnya, saat Anda mengetik 'edit sandi,' atau 'hapus riwayat,' Anda sekarang dapat mengambil tindakan langsung dari bilah. Rangkaian tindakan pertama kami - awalnya tersedia di desktop - berfokus pada privasi dan keamanan, sehingga pengguna dapat meningkatkan ketenangan pikiran dengan beberapa klik.

Terakhir, untuk membantu Anda kembali ke aktivitas seperti merencanakan makan, meneliti hadiah liburan, atau bersantai dengan menonton video, kami akan segera menambahkan kartu ke halaman tab baru Anda di Chrome. Mengkliknya akan membawa Anda ke konten yang baru-baru ini dikunjungi dan terkait di web, dan menghemat waktu Anda dalam prosesnya.

Untuk saat ini, kartu hanya akan muncul untuk beberapa pengguna di bawah area pintasan; Google mengatakan berencana menambahkan kartu yang berfokus pada hiburan pada tahun 2021.

Semua hal ini bersama-sama menambah pembaruan yang signifikan untuk browser web paling populer di dunia. Pembaruan tersebut datang tepat pada hari Apple dipuji karena kecepatan dan efisiensi komputer Mac M1 barunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper