Muslim Pro Jual Data ke Militer AS, Ini Enam Aplikasi Serupa yang Bisa Diunduh

Ika Fatma Ramadhansari
Selasa, 17 November 2020 | 18:35 WIB
Aplikasi Muslim Pro dikabarkan menjual data pengguna kepada Militer Amerika Serikat / Bisnis - Feni Freycinetia
Aplikasi Muslim Pro dikabarkan menjual data pengguna kepada Militer Amerika Serikat / Bisnis - Feni Freycinetia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi penunjuk kiblat, pengingat waktu salat, dan menyediakan bacaan Al-Qur'an Muslim Pro dikabarkan menjual data lokasi penggunanya ke Militer Amerika Serikat.

Walaupun banyak aplikasi lain yang melakukan hal yang sama, pengguna Muslim Pro pun akhirnya mengkhawatirkan keamanan data mereka. Alhasil, warganet pun berbondong-bondong memilih untuk menghapus atau uninstall Muslim Pro.

Muslim Pro sendiri merupakan aplikasi pengingat salat terbanyak diunduh oleh pengguna Playstore Android. Tercatat lebih dari 50 juta pengguna telah mengunduh aplikasi tersebut.

Jika Anda merasa tidak aman dengan aplikasi Muslim Pro, ada beberapa aplikasi serupa untuk menggantikan. Berikut enam aplikasi untuk umat Islam yang dirangkum oleh tim Bisnis.com:

1. Waktu Solat
Aplikasi ini menyediakan waktu salat, kiblat dan lokasi masjid. Telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Untuk berlangganan Anda bisa membayar sebesar Rp21.000. Rating yang diberikan pengguna pun cukup tinggi yaitu 4.4 poin dari total 5 poin.

2. Prayer Time Complete
Aplikasi ini mengklaim drinya sebagai petunjuk waktu salat, kiblat terkomprehensif yang telah diunduh 100.000 pengguna. Aplikasi ini gratis, tetapi berisikan iklan seperti aplikasi-aplikasi gratis lainnya. Rating aplikasi ini 4.4 poin dari hampir 5000 pengguna.

3. Athan
Athan Hampir mirip dengan Muslim Pro. Aplikasi ini menyediakan waktu salat, azan, Al-Qur'an dan pencari Kiblat. Aplikasi ini menyebut dirinya aplikasi Islamiah terotentik untuk akurasi arah kiblat dan waktu salat.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Selain menyediakan konten gratis, juga menggunakan konten premium seharga berkisar Rp3.668 hingga Rp45.000 per itemnya. Rating aplikasi ini cukup tinggi, yaitu 4.7.

4. Muslim
Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dengan menyediakan pencari kiblat, Al-Qur'an, waktu salat, dan juga azan. Selain itu aplikasi Muslim ini juga menyediakan hadis Nabi Muhammad SAW.

Namun, aplikasi ini hanya menyediakan bahasa arab dan terjemahan Bahasa Inggris. Konten premium dari aplikasi ini dikenakan biaya berkisar Rp6.900 hingga Rp379.000 per item. Rating aplikasi muslim adalah 4.6

5. Umma
Seperti aplikasi pengingat lainnya terdapat Al-Qur'an, adzan, kiblat, waktu salat, jadwal imsak. Salah satu konten yang berbeda yaitu Live Streaming. Selain itu aplikasi Umma menyediakan kelas online bagi yang tertarik mempelajari Islam. Aplikasi ini telah diunduh oleh 5 juta lebih pengguna, dan gratis. Rating yang diberikan lebih dari 120.000 pengguna adalah 4.7.

6. Muslim Pocket
Melalui aplikasi Muslim Pocket ini Anda bisa terbantu saat membaca Al-qur'an karena dilengkapi dengan tajwid yang berwarna. Selain juga menyediakan waktu salat, azan, waktu puasa selama bulan Ramadhan, dan juga peta lokasi masjid dan restoran halal.

Aplikasi ini telah diunggah lebih dari 5 juta pengguna dan biaya premium per itemnya sekitar Rp14.000 hingga Rp.379.000. Memiliki rating 4.8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper