MediaTek Luncurkan Chipset Terbaru Khusus Chromebook, MT8192 dan MT8195

Rezha Hadyan
Selasa, 17 November 2020 | 12:29 WIB
MediaTek/Istimewa
MediaTek/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - MediaTek mengumumkan mengumumkan chipset MT8192 dan MT8195 yang dirancang untuk Chromebook generasi baru.

Dengan MT8192 7nm untuk perangkat standar and MT8195 6nm untuk perangkat premium, para pembuat perangkat bisa merancang Chromebook yang bertenaga, cantik dan ringan, yang menawarkan umur batere panjang dan pengalaman komputasi luar biasa mulai dari konperensi video dan video streaming hingga gaming cloud dan aplikasi-aplikasi yang menggunakan AI.

Corporate Senior Vice President MediaTek Jerry Yu mengatakan Chromebook sekarang mendapat peningkatan popularitas yang luar biasa karena semakin banyak orang bekerja dari rumah dan belajar daring.

"MediaTek sudah menjadi pemasok chipset sebagian Chromebook populer di pasar, dan kami akan terus meningkatkan dan mendorong pengalaman pengguna dengan chipset-chipset baru ini,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Selasa (17/11/2020).

Lebih lanjut Jerry menjelaskan MT8192 dan MT8195 memberikan lebih banyak fitur bagi para pembuat perangkat untuk merancang berbagai Chromebook yang paling kuat dengan bentuk inovatif yang bisa diputar, dilipat atau dilepaskan, tipis dan ringan, serta memiliki umur baterai yang sangat lama.

MT8192 dan MT8195 mengintegrasikan sebuah APU (AI processing unit) kinerja tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi suara dan visi. Teknologi APU yang canggih dari MediaTek didesain untuk secara mulus memroses pengenalan identitas lewat suara dan kendali suara, pengenalan kata dan gambar, kata ke teks, penerjemahan secara langsung, pengenalan obyek, penghapusan latar belakang, pengurangan kebisingan, segmentasi gambar dan video, serta kendali gerak, seluruhnya secara waktu nyata.

Chipset-chipset ini juga memiliki sebuah DSP (digital signal processor) audio khusus untuk mengaktifkan VoW (voice wakeup) yang menggunakan daya sangat rendah untuk asisten suara.

Para pembuat perangkat bisa merancang Chromebook dengan berbagai konfigurasi kamera berkat prosesor sinyal gambar HDR (high dynamic range) dan mesin kedalaman perangkat keras yang tertanam di dalam chipset. Ini memberikan opsi bagi para pembuat perangkat untuk mengintegrasikan kamera super-besar 80MP 4-sel, kamera tunggal 32MP atau kamera ganda hingga 16MP + 16MP guna memberikan HDR yang tajam untuk konperensi video.

MediaTek MT8195 dibangun dengan proses TSMC 6nm, mengintegrasikan sebuah CPU delapan-inti dengan empat inti Arm Cortex-A78 untuk komputasi aplikasi intensif dan empat inti Arm Cortex-A55 irit daya untuk secara simultan menangani tugas-tugas latar belakang dan memaksimalkan umur batere.

MT8195 juga mengintegrasikan MediaTek APU 3.0, dengan kinerja AI hingga 4 TOPS. GPU lima-inti Arm-Mali G57 yang kuat menghasilkan visual cantik, sementara LPDDR4X 2133MHz empat-kanal memastikan ada bandwidth memori yang cukup.

Chipset tersebut juga mendukung hingga tiga layar simultan sehingga pengguna bisa menikmati lebih banyak layar, ketika bekerja, bermain gim, atau sekadar berselancar di internet.

Dengan dukungan untuk Dolby Vision, Surround Sound 7.1 dan sebuah akselerator video perangkat keras CodeC AV1, pengguna bisa menikmati pengalaman berkualitas bioskop untuk streaming film dan acara televisi dari layanan-layanan online populer.

Selain itu, proses decode AV1 dengan perangkat keras menggunakan lebih sedikit data sementara tetap menawarkan pengalaman grafis luar biasa dan video yang mulus.

MediaTek MT8192 mengintegrasikan sebuah CPU delapan-inti dengan empat inti Arm Cortex-A76 dan empat Arm Cortex-A55 yang menyediakan keseimbangan ideal antara tenaga dan efisiensi. MediaTek APU 2.0 menyediakan kinerja AI hingga 2,4 TOPS. Chipset ini juga memiliki GPU lima-inti Arm Mali-G57 untuk visual cantik, ditambah LPDDR4x 2133MHz dan penyimpanan UFS 2.1.

MT8192 mendukung layar WQHD (wide quad high definition) dengan tingkat refresh standar 60Hz, atau layar FullHD+ dengan tingkat refresh hingga 120Hz untuk tingkat respon super-cepat. Selain itu, chipset ini juga mendukung dua layar Full HD simultan.

Kedua chipset ini juga mengintegrasikan proses decode video HDR 4K untuk kualitas video luar biasa sementara tetap memaksimalkan umur batere, memungkinkan pengguna untuk menonton konten favorit mereka lebih lama. MT8192 dan MT8195 juga mendukung PCI-Express Gen 3 dan USB 3.2 Gen 1.

Chromebook yang menggunakan MT8192 akan hadir di pasar di kuartal kedua tahun 2021. MT8195 akan menjalankan Chromebook premium, layar cerdas, tablet dan perangkat-perangkat cerdas lainnya, yang akan hadir kemudian di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper