Ini Cara Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 16 November 2020 | 11:48 WIB
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Akun WhatsApp yang sedang kamu gunakan saat ini, sebenarnya sangat tidak aman, Tanpa adanya usaha tambahan dalam melindungin akunWhatsApp maka, aktivitas penyadapan bakal sangat mudah seperti membalikan tangan.

Fitur tercanggih yang dapat mencegah penyadapan akunWhatsApp adalah pemilik akun sendiri. Melalui sejumlah cara, kamu bisa melindungi akunWhatsApp kamu dari berbagi akvitias atau uji coba penyadapan oleh oknum nakal.

Mengenai hal tersebut, Bisnis.com merangkum sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk melindungi akunWhatsApp kamu dari penyadapan, dari berbagai sumber.

1. Dua Langkah Verifikasi
Untuk membuat akun WhatsApp kamu makin aman, kamu dapat menerapkan Sistem dua verifikasi pada akun kamu. Dengan fitur ini, bagi orang yang hendak menyadap akun kamu, selain harus memasukan nomor kamu, dia juga harus memasukan 6 digit nomor pin. Hal itu akan terasa sulit bagi mereka karena hanya kamu yang mengetahui.

2. Kunci Aplikasi
Kamu dapat menggunakan pengunci aplikasi agar akun WhatsApp tidak dibobol. Aplikasi pengunci atau pengaman aplikasi bisa kamu dapatkan di Google Play Store. WhatsApp tidak menyediakan fitur ini. Dengan fitur pengunci aplikasi, siapapun yang hendak membuka aplikas WhatsApp kamu harus memasukan kode pin khusus, yang hanya diketahui oleh pemilik gawai.

3. Jaga OTP
Setelah anda mengunci aplikasi dan menerapkan verifikasi ganda terhadap akun WhatsApp, selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah berhati-hati. Kamu harus tahu bahwa akun WhatsApp kamu hanya dapat digunakan oleh satu nomor ponsel.

Untuk berganti ke ponsel lain, kamu akan diberikan OTP. Ingat! Apapun alasannya jangan pernah memberikan OTP kamu kepada orang lain seandainya kamu mendapat notifikasi.

4. Pantau WhatsApp Web
WhatsApp Web harus mendapat perhatian lebih jika kamu sangat peduli terhadap akun WhatsApp kamu. Dengan memantau WhatsApp Web kamu bisa mengetahui perangkat – leptop, pc dst – yang sedang menggunakan akun WhatsApp kamu. Jika ada perangkat yang mencurigakan maka kamu harus segera menekan bacaan “log out from all devices”.

5. Kurangi Penggunaan WiFi Publik
Salah satu jalur para peretas menyadap akun WhatsApp kamu adalah melalui WiFi publik. Jika kamu sedang berada di WiFi publik, yang di sana terdapat juga terdapat jaringan peretas, maka peluang penyadapan akun WhatsApp kamu terbuka.

Para peretas memiliki keahlian dalam hal ini menyadap melalui kanal WiFi publik. Oleh sebab itu, cara yang dapat kamu tempuh untuk menghindari kondisi tersebut adalah dengan mengurangi pemanfaantan WiFi publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper