Gawat! 2,9 Juta Akun Cermati.com Dibobol Hacker

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 2 November 2020 | 15:11 WIB
Ilustrasi peretas. /Dok. Istimewa
Ilustrasi peretas. /Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 2,9 juta akun pengguna Cermati.com dikabarkan telah dibobol oleh peretas internasional. Perusahaan rintisan tersebut menjadi salah satu di antara 17 perusahaan lain yang bernasib serupa.

Berdasarkan laman Bleepingcomputer yang dikutip, Senin (2/11/2020), total sekitar 2,9 juta akun Cermati.com diretas oleh hacker tersebut. Data yang dicuri antara lain email, alamat, nomor telepon, pendapatan, id, pekerjaan, nama perusahaan, dan nama ibu.

Salah seorang pelaku ancaman mengaku telah menjual 34 juta akun database yang dia curi dari tujuh belas perusahaan global.

Pelaku tersebut melakukan pembobolan data pada 2020. Satu dari 17 perusahaan yang datanya dicuri adalah perusahaan rintisan teknologi finansial asal Indonesia yakni, Cermati.com.

Ketika ditanya bagaimana peretas memperoleh akses ke berbagai situs, peretas enggan bercerita. Peretas hanya mengungkapkan bahwa basis data yang dicuri biasanya dijual pertama kali dalam penjualan pribadi dengan kisaran US$500 hingga US$100.000 untuk basis data Wattpad.

Setelah beberapa waktu, biasanya database yang dicuri dirilis secara gratis di forum peretas untuk meningkatkan 'jalan kredibilitas' peretas. Bleeping juga menyebutkan tak satu pun dari perusahaan tersebut yang melaporkan pelanggaran data.

Setelah BleepingComputer menghubungi semua perusahaan yang terpengaruh, hanya RedMart yang mengungkapkan pelanggaran data kemarin, dan Wongnai.com mengatakan kepada BleepingComputer bahwa mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper