Wah, Meteor yang Jatuh di Michigan Mengandung Senyawa Organik Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 Oktober 2020 | 08:59 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah meteorit yang mendarat di danau beku Michigan AS pada tahun 2018 mengandung ribuan senyawa organik yang terbentuk miliaran tahun yang lalu dan dapat menyimpan petunjuk tentang asal usul kehidupan di Bumi.

Meteor itu memasuki atmosfer bumi pada 16 Januari 2018, setelah perjalanan yang sangat panjang melalui ruang hampa yang membekukan, menerangi langit di atas Ontario, Kanada, dan Amerika Serikat bagian barat tengah.

Radar cuaca melacak turun dan pecahnya batu ruang angkasa yang menyala, membantu pemburu meteorit dengan cepat menemukan pecahan yang jatuh di Strawberry Lake di Hamburg, Michigan.

Sebuah tim peneliti internasional kemudian memeriksa sepotong meteorit seukuran buah kenari "saat masih segar," itu dan melaporkan dalam sebuah studi baru. Analisis mereka mengungkapkan lebih dari 2.000 molekul organik yang berasal dari saat tata surya kita masih muda; senyawa serupa mungkin telah menjadi benih kemunculan kehidupan mikroba di planet kita, penulis penelitian melaporkan.

Pemulihan meteorit yang cepat dari permukaan danau yang beku mencegah air cair merembes ke retakan dan mencemari sampel dengan spora dan mikroba terestrial. Ini mempertahankan kondisi asli batuan antariksa, memungkinkan para ahli untuk lebih mudah mengevaluasi komposisinya.

Faktanya, hanya ada sedikit pelapukan terestrial sehingga fragmen yang dibawa ke Chicago's Field Museum tampak seperti telah dikumpulkan di luar angkasa, kata rekan penulis studi Jennika Greer, kandidat doktor di Departemen Ilmu Geofisika di Universitas Chicago, dan seorang mahasiswa pascasarjana di The Field Museum.

Ketika batuan ruang angkasa memasuki atmosfer dengan kecepatan beberapa mil per detik, udara di sekitarnya menjadi terionisasi. Panas ekstrem mencairkan hingga 90% meteor, dan batu yang bertahan lewat atmosfer terbungkus dalam kerak fusi kaca leleh setebal 1 milimeter, kata penulis utama studi Philipp Heck, kurator meteorit di Field Museum dan seorang profesor di Universitas Chicago.

Fragmen yang bertahan di dalam kerak kaca adalah catatan murni geokimia batuan di luar angkasa. Dan meskipun jatuh ke bumi dengan api, setelah lapisan luar yang menguap terbawa, meteorit berbatu seperti ini sangat, sangat dingin saat mendarat, kata Heck kepada Live Science.

"Saya pernah mendengar laporan saksi mata meteorit jatuh ke genangan air setelah hujan, dan genangan itu membeku karena meteorit itu sangat dingin," katanya.

Rasio meteorit Michigan dari uranium (isotop 238 dan 235) dengan unsur yang membusuk sebagai timbal (isotop 207 dan 206) memberi tahu para ilmuwan bahwa asteroid induk terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Sekitar waktu itu, batuan mengalami proses yang disebut metamorfisme termal, karena mengalami suhu hingga 1.300 derajat Fahrenheit (700 derajat Celcius). Setelah itu, komposisi asteroid sebagian besar tidak berubah selama 3 miliar tahun terakhir.

Kemudian sekitar 12 juta tahun yang lalu, sebuah tabrakan menghancurkan bongkahan batu yang baru-baru ini jatuh di Michigan, menurut analisis paparan meteorit terhadap sinar kosmik di luar angkasa, kata Heck kepada Live Science.

Karena meteorit berubah begitu sedikit setelah pemanasan awal miliaran tahun yang lalu, diklasifikasikan sebagai H4: "H" menunjukkan bahwa itu adalah meteorit berbatu yang tinggi zat besi, sedangkan meteorit tipe 4 telah mengalami metamorfisme termal yang cukup untuk mengubah komposisi aslinya . Hanya sekitar 4% meteorit yang jatuh ke Bumi saat ini yang masuk dalam kategori H4.

"Saat kami melihat meteorit ini, kami melihat sesuatu yang dekat dengan materi ketika terbentuk di awal sejarah tata surya," kata Greer.

Meteorit itu mengandung 2.600 organik, atau senyawa yang mengandung karbon, para peneliti melaporkan dalam penelitian tersebut. Karena sebagian besar meteorit tidak berubah sejak 4,5 miliar tahun yang lalu, senyawa ini kemungkinan besar mirip dengan yang dibawa meteorit lain ke Bumi muda, beberapa di antaranya "mungkin telah dimasukkan ke dalam kehidupan," kata Heck.

Transformasi dari senyawa organik luar angkasa menjadi kehidupan mikroba pertama di Bumi adalah "langkah besar" yang masih diselimuti misteri, tetapi bukti menunjukkan bahwa organik biasa ditemukan dalam meteorit - bahkan dalam meteorit yang bermetamorfosis termal seperti yang mendarat di Michigan, dia menambahkan.

Pengeboman meteor juga lebih sering terjadi pada Bumi yang masih muda daripada saat ini, "jadi kami cukup yakin bahwa masukan dari meteorit ke dalam inventaris organik di Bumi adalah penting," untuk menumbuhkan kehidupan, kata Heck.

Penemuan ini dipublikasikan secara online 27 Oktober di jurnal Meteoritics & Planetary Science.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper