Meteor Lebih Terang dari Bulan Terlihat di Amerika Serikat

Ika Fatma Ramadhansari
Selasa, 27 Oktober 2020 | 19:46 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Meteor Internasional (IMO) menerima banyak laporan dari masyarakat tentang terlihatnya meteor yang menghantam atmosfer pada malam 23 Oktober 2020.

Orang-orang California, Oregon, dan Washington di Barat Amerika Serikat menyaksikan peristiwa ini yang mereka sebut bola api paling menakjubkan dikutip dari Express pada Selasa (27/10/2020).

"Benda yang jatuh begitu hijau dan dramatis sehingga saya mulai berteriak kepada penumpang di mobil saya," ungkap Debra yang menyaksikan fenomena ini.

Julie yang juga merupakan saksi mata lainnya mengungkapkan meteor yang jatuh ini selama satu hingga dua detik hampir seterang bulan purnama.

"Dalam 63 tahun hidup saya sering menatap bintang dan meteor, mengamati komet, saya tidak pernah melihat sesuatu yang mendekati ukuran ini.

Bola api terjadi ketika meteor atau batu luar angkasa lainnya menabrak atmosfer. Udara merembes ke dalam pori-pori batu, mendorongnya terpisah dan menyebabkannya meledak.

Menurut keterangan IMO meteor tampak lebih terang dari biasanya dikarenakan kecepatan mereka menghantam atmosfer Bumi, kemudian fragmen yang lebih besar dari satu milimeter memiliki kemampuan untuk menghasilkan kilatan terang saat mereka menembus langit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper