Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Samsung Kembangkan Layar Ponsel dengan Kerapatan Piksel Super Tinggi

sejumlah insinyur dari Standford dan Samsung telah mengerjakan proyek layar dengan kerapatan piksel tertinggi di dunia mencapai 10.000 piksel per inci (PPI)
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  15:28 WIB
Samsung Galaxy Note 20 Series
Samsung Galaxy Note 20 Series

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan layar ponsel seakan tiada habisnya. Setelah ponsel dengan layar yang dapat dilipat, kini sedang dikembangkan ponsel dengan kerapatan piksel yang sangat tinggi untuk menghasilkan tampilan yang dapat memanjakan mata penggunanya.

Melansir GSM Arena pada Selasa (27/10/2020), sejumlah insinyur dari Standford dan Samsung telah mengerjakan proyek layar dengan kerapatan piksel tertinggi di dunia mencapai 10.000 piksel per inci (PPI).

Teknologi ini didasarkan pada panel surya ultra-tipis yang secara efektif menghasilkan arsitektur baru untuk layar OLED. Secara teori, ini dapat digunakan untuk TV, layar smartphone dan kacamata realitas virtual (virtual reality/VR), tetapi ini akan sangat berguna untuk yang terakhir karena akan menghilangkan apa yang disebut efek pintu layar.

Efek ini bisa dilihat di hampir semua headset VR yang ada di pasaran. Anda dapat melihat celah antar piksel karena mata Anda hanya berjarak beberapa sentimeter dari layar. Dan saat ini tidak ada layar yang cukup tebal untuk menghilangkan celah tersebut.

Bagaimanapun, arsitektur OLED baru mengandalkan film untuk memancarkan cahaya putih. Ada satu lapisan perak ditambah dengan yang terbuat dari logam reflektif mengubah sifat reflektif dan memungkinkan warna tertentu beresonansi. Hasilnya, Anda mendapatkan tampilan kepadatan tinggi tanpa mengorbankan kecerahan.

Namun, meski Samsung mampu menghadirkan tampilan seperti itu kepada konsumen, tidak menutup kemungkinan akan ada masalah terkait dengan daya komputasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung ponsel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top