Samsung Kembangkan Layar Ponsel dengan Kerapatan Piksel Super Tinggi

Rezha Hadyan
Selasa, 27 Oktober 2020 | 15:28 WIB
Samsung Galaxy Note 20 Series
Samsung Galaxy Note 20 Series
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan layar ponsel seakan tiada habisnya. Setelah ponsel dengan layar yang dapat dilipat, kini sedang dikembangkan ponsel dengan kerapatan piksel yang sangat tinggi untuk menghasilkan tampilan yang dapat memanjakan mata penggunanya.

Melansir GSM Arena pada Selasa (27/10/2020), sejumlah insinyur dari Standford dan Samsung telah mengerjakan proyek layar dengan kerapatan piksel tertinggi di dunia mencapai 10.000 piksel per inci (PPI).

Teknologi ini didasarkan pada panel surya ultra-tipis yang secara efektif menghasilkan arsitektur baru untuk layar OLED. Secara teori, ini dapat digunakan untuk TV, layar smartphone dan kacamata realitas virtual (virtual reality/VR), tetapi ini akan sangat berguna untuk yang terakhir karena akan menghilangkan apa yang disebut efek pintu layar.

Efek ini bisa dilihat di hampir semua headset VR yang ada di pasaran. Anda dapat melihat celah antar piksel karena mata Anda hanya berjarak beberapa sentimeter dari layar. Dan saat ini tidak ada layar yang cukup tebal untuk menghilangkan celah tersebut.

Bagaimanapun, arsitektur OLED baru mengandalkan film untuk memancarkan cahaya putih. Ada satu lapisan perak ditambah dengan yang terbuat dari logam reflektif mengubah sifat reflektif dan memungkinkan warna tertentu beresonansi. Hasilnya, Anda mendapatkan tampilan kepadatan tinggi tanpa mengorbankan kecerahan.

Namun, meski Samsung mampu menghadirkan tampilan seperti itu kepada konsumen, tidak menutup kemungkinan akan ada masalah terkait dengan daya komputasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper